Gejala, Penyebab dan Obat Alergi Gatal di Apotik Resep Dokter Table , Krim & Salep

Alergi kadang membuat kita menjadi kesal dan prustasi. Apalagi kerap muncul dan mengganggu aktivitas kita. Namun kini Anda tidak usah risau lagi karena banyak obat alergi gatal di apotik yang dapat meringankan dan meredakan gejala reaksi alergi yang muncul. Namun tetap anda harus berhati-hati dan teliti serta cermat dalam memilih obat alergi gatal di apotik. Sebaiknya membeli obat alergi disesuaikan dengan gejala dan jenis alergi yang anda alami.

Gejala, Penyebab dan Obat Alergi Gatal di Apotik Resep Dokter Table , Krim & Salep

Pemakaian obat alergi gatal di apaotik yang salah akan berefek bahaya bagi kesehatan. Terkadang kesalahan mengkonsumsi obat alergi bisa semakin membuat tambah parah penyakit yang diderita. Bahkan mungkin saja akan memicu penyakit lain yang lebih berbahaya. Kenali secara baik penyebab dan faktor pemicu alergi yang anda alami agar mudah dalam menanganinya. Dan agar lebih tepat pemberian obat sebaiknya lakukan diagnosa yang komprehensif dengan berkonsultasi ke dokter.

Gejala alergi gatal

Seseorang yang menderita alergi gatal umumnya akan mengalami gejala berupa ruam merah serta gatal di kulit, kemudian kulit akan berubah warna menjadi kemerahan. Juga dengan ditandainya merasakan sensasi kesemutan atau gatal pada rongga mulut, bahkan kadang sulit menelan dan sakit tenggorokan, dan juga mungkin saja terjadi pembengkakan pada bagian tubuh yang lain atau mulut dan wajah. Pada alergi jenis ini biasanya kondisi ruam akan tampak timbul pada permukaan kulit.

Selain gejala-gejala itu, ada juga penderita alergi kulit yang mengalami gejala seperti mual dan muntah, bersin-bersin, pening atau pusing, mata terasa gatal, sakit perut, diare, serta mungkin saja ada yang samapai mengalami sesak napas. Maka dari itu jangan pernah menyepelekan alergi gatal yang ketika dibiarkan akan berefek bahaya.

Penyebab alergi gatal

Beberapa penyebab alergi diantaranya :
  • Karena gigitan serangga, contohnya sengatan lebah.
  • Makan makanan tertentu, contohnya kacang-kacangan, telur, kerang, kepiting, udang dan susu.
  • Karena paparan subtansi yang ada di uadara, contohnya tungau, debu, bulu hewan, dan serbuk sari.
  • Karena pengguanaan obat-obatan tertentu, contohnya antibiotik penisilin atau amoksilin
  • Karena paparan bahan kimia yang bersentuhan dengan kulit secara langsung, contohnya bahan kimia pada parfum, sabun, sampo atau bahan lateks.
    Gejala, Penyebab dan Obat Alergi Gatal di Apotik Resep Dokter Table , Krim & Salep

Obat Alergi Gatal Di Apotik

Adapun tujuan dari pemberian obat alergi gatal resep dokter yang ada di apotik ini adalah untuk mengurangi dan meredakan reaksi atau gejala alergi yang muncul. Perlu anda ketahui bahwa tidak ada obat yang dapat menyembuhkan alergi. Oleh karena itu, yang hal paling baik bagi anda yaitu mengetahui faktor pemicu alergi anda dan kemudian berusaha menghindarinya.

Namun apabila anda terserang alergi maka anda dapat mengurangi reaksi gejala alergi yang timbul dengan mengkonsumsi obat anti alergi baik yang berbentuk krim atau tablet (Pil). Jenis Obat ini dapat dipakai untuk mengatasi berbagai macam jenis alergi, seperti alergi makanan, alergi serbuk sari serta serangga, alergi kulit, alergi mata dan lainnya.

Berikut beberapa Nama obat alergi gatal di apotik yang dapat anda beli baik dengan resep dokter atau tidak. Alangkah baiknya jika anda berkonsultasi dulu pada petugas apoteker sebelum membeli oabat anti alregi.

1. Cetirizine (Pil Antihistamin)

 Obat Alergi Gatal  yang dijua Di Apotik  pertama adalah Cetirizine merupakan nama obat alergi yang bisa mengurangi kadar histamin dalam tubuh. Pada saat tubuh anda mempunyai histamin yang tinggi maka bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah dan menyebabkan reaksi alergi. Obat ini akan mengurangi rasa gatal karena beberapa reaksi termasuk alergi dingin, makanan, dan reaksi kimia.

Apabila anda mengkonsumsi obat ini maka jangan mengendarai kendaraan, jangan mengkonsumsi minuman bersoda dan beralkohol, serta jangan menggunakan obat lain yang mengandung zat penyebab tidur. sebaiknya minum obat sesuai dengan dosis atau anjuran dokter atau bisa lihat pada kemasan obat. Orang yang mengalami masalah pada ginjal sangat tidak dianjurkan untuk meminum obat ini. 

Dan ada beberapa efeksamping yang mungkin timbul setelah mengkonsumsi obat antihistamin tersebut, diantaranya : mengantuk, pusing, sakit kepala, mulut kering, sakit perut, penglihatan kabur dan sulit buang air kecil.

Harga Cetirizine di apotik dan Toko obat Lainya
Harga Obat alergi / gatal ini dijual sekitar Rp 26.000,-

2. Loratadine

Obat Alergi Gatal Di Apotek selanjutnya ada;a larotadine. Obat Larotadine tidak boleh diberikan pada penderita penyakit ginjal, asama, hati, dan bayi kurang dari dua tahun, serta ibu menyusui dan ibu hamil. Aturan minumnya sesuai dengan yang dianjurkan dokter atau yang tertulis pada kemasan (biasanya obat hanya diminum 1x sehari). 
Aturan Pakai  Loratadine
Dosis untuk anak usia 12 tahun ke atas 10mg 1x sehari. Untuk anak usia 2-12 tahun biasanya dokter akan memberi dosis sesuai berat badan masing-masing setiap anak. 
Efek samping Loratadine
Efek sampingnya adalah mengantuk, pusing, sakit kepala, mulut kering, sakit perut, penglihatan kabur dan sulit buang air kecil.
 Harga obat alergi gatal Loratadine
Untuk harga Loratadine ini sekir 5000 rupiah 


3. Fluoxetine (Kapsul)

Obat apotik untuk alergi gatal ke tiga adalah Fluoxetine, Fluoxetine ini merupakan jenis obat anti-depressan yang dapat menyebabkan reaksi santai dan kantuk yang sanga. Obat alergi gatal ini umumnya diberikan oleh dokter jika pesien sudah mengalami gejala gangguan panik, sulit tidur, dan gelisah.

Orang yang memiliki riwayat gangguan masalah hati, ginjal, diabetes, glaukoma, kejang, dan epilepsi tidak boleh mengkonsusmi obat ini sebab efek samping obat fluoxetine tadi. Obat ini juga tidak boleh dikonsumsi oleh ibu ibu hamil, ibu menyusui dan bayi. Cara penggunaanya lihat kemasan obat atau sesuai petunjuk dokter/apoteker. 

 Harga Juaal Fluoxetine 
Adapun harga Fluoxetine silahkan langsung tanyakan ke dokter anda.

4. Hydrocortisone (Krim)

Krim Obat Gatal Di Apotik ke-4  adalah Hydrocortisone, Krim ini bermanfaat untuk mengurangi atau menghilangkan ruam merah, rasa gatal, atau bengkak karena alergi terhadap bahan kimia dan gigitan serangga. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi dan meringankan peradangan pada kulit bagian luar hingga bagian dalam. Gunakan obat ini sesuai resep dari dokter atau petunjuk apoteker.

Hydrocortisone krim tidak boleh untuk ibu hamil, menyusui, alergi obat, TBC, jerawat yang parah, campak, dan atrofi kulit ataupenipisan kulit. Dan untuk keamanan obat ini tidak untuk luka terbuka, tidak boleh tertelan, tidak untuk luka infeksi, tidak untuk mata, tidak untuk pemakaian jangka panjang (lebih dari 2 minggu), dan tidak untuk luka bakar.
Cara pemakaiannya :
  • Cuci tangan sebelum perawatan, kemudian bersihkan dulu daerah kulit yang terkena alergi dengan kain lembut yang basah.
  • Lalu oleskan obat ini pada kulit yang gatal terkena alergi lalukan secara lembut.
  • Tidak boleh menempelkan apapun pada kulit yang sudah diberi obat.
  • Efek samping setelah pengguanaan obat ini adalah timbul rasa panas pada kulit, iritasi ringan hingga berat dan reaksi gatal. Sebaiknya segera ke dokter jika reaksi efek samping sangat berat.
Haraga obat gatal alergi Hydrocortisone 
Adapun harga Hydrocortisone di pasaran dijual antara 8000 ribu rupiah kemasan terrendah dan 11 ribu rupah untuk kemasanan 2,5% tube gram.

5. Krim Elidel atau Pimecrolimus

Obat Alergi Gatal Di Apotik yang umum lainnya ialaha Krim Elidel atau Pimecrolimus. Obat Elidel atau Pimecrolimus  ini  merupakan salah satu obat yang bekerja untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada saat kulit terserang alergi termasuk gatal-gatal dan eksim. Krim ini termasuk sangat ringan sehingga tidak bisa digunakan untuk perawatan alergi yang sudah parah. Penderita yang mengalami alergi terhadap bahan pimecrolimus jangan menggunakan obat ini.

Obat ini tidak boleh untuk penderita kanker kulit, cacar, herpes, sistem kekebalan tubuh yang lemah, gangguan ginjal, gangguan hati, dan reaksi alergi yang besar. Obat ini juga tidak boleh untuk ibu hamil dan ibu menyusui serta tidak untuk anak-anak dibawah dua tahun
Cara pemakaiannya:
  • Cuci tangan terlebih dahulu dan bersihkan area kulit yang akan diobati.
  • Oleskan obat ini pada area yang gatal sesuai dosis dari dokter atau paoteker.
  • Hindari, jangan sampai obat ini terkena mulut, mata, hidung, dubur dan luka terbuka.
  • Tidak boleh menutup kulit dengan perban atau kain setelah diobati.
  • Jangan digunakan untuk jangka panjang atau lebih dari 6 bulan.
  • Hindari kulit terkena sinar matahari secara langsung setelah diberi obat ini.
Efek samping yang mungkin timbul adalah bengkak pada wajah, bibir, dan tenggorokan,adanya rasa gatal, sakit kepala, sakit perut atau diare, nyeri sendi, dan tubuh tidak nyaman.

Harga Krim Elidel atau Pimecrolimus 
Harga Krim Elidel ini kemasan 10 g x 1’s  sekitar Rp140.000/tube

Demikian pembahasan kami obatapotik.com tentang gejala, penyebab dan obat alergi gatal di apotik. Mudah-mudahan artikelnya bisa memberi manfaat.
Loading...
Previous Post
Next Post