Apa Saja Makanan Penyebab, Obat Alergi Makanan di Apotik Sesuai Resep Dokter

Loading...
Loading...
Jika anda kerap membeli sebuah obat alergi makanan di apotik, maka berhati-hati dan waspadalah terhadap diagnosa sendiri. Alih-alih berharap sembuh malahan sakit alergi anda makin parah. Ada baiknya sebelum membeli obat periksa terlebih dahulu supaya tidak menerka dan meraba karena alergi bukan penyakit sepele, usahakan sesuai dengan diagnosa dokter.
Memilih obat alergi makanan di apaotik yang salah akan berefek bahaya bagi kesehatan. Terkadang kesalahan membeli obat alergi bisa semakin membuat tambah parah penyakit yang diderita. Bahkan mungkin saja akan memicu penyakit lain yang lebih berbahaya. Kenali secara baik penyebab dan faktor pemicu alergi yang anda alami agar mudah dalam menanganinya.

Apa Saja Makanan Penyebab, Mrek Obat Alergi Makanan Di Apotik Sesuai Resep Dokter

Sebelum membahas lebuh dalam kita kenali dulu apa definisi alergi ?

Apa itu alergi makanan?

Perlu anda ketahui bahwa alergi makanan merupakan reaksi tubuh yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh yang merespon berlebihan dan keliru terhadap protein yang masuk dari makanan yang kita konsumsi dan kerap kali sistem imun kita menganggap hal itu suatu ancaman. Salah satu reaksi yang bisa muncul yaitu ruam pada kulit dan gatal.
Salah satu alergi makanan yang paling umum terjadi dipicu oleh produksi zat Immunoglobulin E atau zat antibodi yang ada dalam sistem kekebalan tubuh dan gejalanya biasa akan muncul tidak lama setelah penderita makan makanan penyebab alergi.
Apa Saja Makanan Penyebab, Obat Alergi Makanan di Apotik Sesuai Resep Dokter

Gejala alergi makanan

Seseorang yang menderita alergi makanan yang dipicu oleh produksi zat antibodi tersebut, umumnya akan mengalami gejala berupa ruam merah serta gatal di kulit, adanya sensasi kesemutan atau gatal pada rongga mulut, bahkan kadang sulit menelan, dan juga mungkin saja terjadi pembengkakan pada mulut, wajah, serta bagian tubuh lainnya. Pada alergi jenis ini biasanya kondisi ruam akan tampak timbul pada permukaan kulit.
Selain gejala-gejala itu, ada juga penderita alergi makanan jenis ini yang mengalami gejala seperti mual dan muntah, bersin-bersin, pening atau pusing, mata terasa gatal, sakit perut, diare, serta mungkin saja ada yang mengalami sesak napas.
Tidak semua penderita alergi makanan ini akan mengalami gejala tersebut, tergantung dari sistem kekebalan tubuh yang dimiliki setiap penderita. Akan tetapi jika anda mengalami beberapa gejala di atas sebaiknya cari tahu penyebabnya atau segera periksa ke dokter agar di buatkan resep obat alergi makanan di apotik yang tepat untuk mengurangi gejala alergi yang timbul. Dan tidak berakibat munculnya penyakit lain yang lebih parah.

Makanan yang dapat menyebabkan alergi

Hampir semua makanan berpotensi menyebabkan alergi. Akan tetapi pada umumnya ada beberapa jenis makanan tertentu yang dapat menyebabkan alergi, contohnya telur, lobster, udang, kepiting, ikan, dan kacang-kacangan.
Alergi yang terjadi pada anak-anak lebih banyak diakibatkan oleh kacang-kacangan. Selain itu, anak-anak juga kadang bisa mengalami alergi selepas mengkonsumsi susu, telur, kedelai dan gandum. Anak-anak yang mengalami alergi susu sering kali menimbulkan gejala yang bermacam-macam seperti pembengkakan dan sembelit

Obat Alergi Makanan Di Apotik

Adapun tujuan dari pemberian obat alergi makanan apotik ini adalah untuk mengurangi dan meredakan reaksi atau gejala alergi yang muncul. Perlu anda tahu bahwa sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan alergi. Oleh karena itu, yang paling baik bagi anda yaitu mengetahui makanan-makanan pemicu alergi anda dan kemudian menghindarinya.

Namun apabila anda terserang alergi maka anda dapat mengurangi reaksi gejala alergi yang timbul dengan mengkonsumsi obat antihistamin. Jenis Obat ini dapat dipakai untuk mengatasi berbagai macam jenis alergi, seperti alergi makanan, alergi serbuk sari serta serangga, alergi kulit, alergi mata dan lainnya.
Obat antihistamin di apotik biasanya ada dua golongan yaitu antihistamin golongan pertama dan antihistamin golongan kedua. Antihistamin golongan pertama merupakan jenis obat yang dapat menimbulkan kantuk setelah digunakan, adapun antihistamin golongan kedua tidak terlalu menimbulkan rasa kantuk.

Nama Obat Alergi Makanan Di Apotik Yang Ampuh

Contoh obat antihistamin golongan pertama adalah hydroxyzine, chlorphenamine, ketotifen, cyproheptadine, promethazine, alimemazine, dan clemastine. Contoh obat antihistamin golongan kedua adalah cetirizine, loratadine, mizolastine, fexofenadine, acrivastine, desloratadine, dan levocetirizine.

1. Cetirizine

Dosis untuk anak usia 12 tahun ke atas dan dewasa adalah 10mg sebanyak 1x sehari. Sedangkan dosis untuk anak usia 6-12 tahun adalah 5 mg sebanyak 2x sehari atau sesuai dengan petunjuk dokter. Orang mengalami masalah pada ginjal sangat tidak dianjurkan untuk meminum obat ini.
 Harga obat Alergi Makanan di Apotik Cetirizine
Berikut ini harga obat cyproheptadine yaitu 3500 / strip. 

2. Loratadine

Larotadine tidak boleh diberikan pada penderita penyakit ginjal, asama, hati, dan bayi kurang dari dua tahun, serta ibu menyusui dan ibu hamil. Aturan minumnya sesuai dengan yang dianjurkan dokter atau yang tertulis pada kemasan (biasanya obat hanya diminum 1x sehari). Dosis untuk anak usia 12 tahun ke atas 10mg 1x sehari. Untuk anak usia 2-12 tahun biasanya dokter akan memberi dosis sesuai berat badan masing-masing anak.
Harga obat Alergi Makanan di Apotik Loratadine
Adapun  Harga Obat Loratadine generik di Apotik adalah  Loratadine Tablet 10 Mg @10 buah
  dijual sekitar Rp 4.000,-

3. Alimemazine

Aturan minum untuk dewasa dosisnya adalah 10mg 2-3x sehari. Sedangkan untuk lansia dosisnya tetap 10mg, tapi hanya 1x sehari. Dan anak-anak usia usia 2 tahun ke atas sebaiknya beri yang bentuk sirop dengan dosis 1,7-3,3 ml 2-3x sehari. Atau berikan pada penderita sesuai dengan petunjuk dokter. Obat ini sangat tidak dianjurkan untuk anak usia dibawah dua tahun.

Harga obat Alergi Makanan di Apotik Alimemazine
Harga obat  Alimemazine bisa langsung anda tanyakan ke apotik terdekat di kota anda.

4. Hydroxyzine

Aturan minum obat ini sesuaikan dengan petunjuk dokter. Atau biasanya untuk orang dewasa dosisnya 25mg 1x sehari. Jika memang sangat diperlukan, dosisnya dapat ditingkatkan menjadi 25mg 2-3x sehari. Sedangkan untuk bayi usia 6 bulan – 6 tahun akan disesuaikan dengan berat badannya.
Harga obat Alergi Makanan di Apotik Hydroxyzine
 Harga Hydroxyzine dijual di aptik dan toko obat lainnya sekitar 5.500 rupiah.

5. Cyproheptadine
Obat ini biasa diberikan pada anak dengan rentang usia antara 4 tahun-14 tahun ke atas. Dosisnya yaitu : anak usia 4-6 tahun adalah 2mg sebanyak 2-3x sehari, anak usia 6-14 tahun dapat diberikan obat ini dengan dosis 4 mg sebanyak 2-3x sehari dan untuk anak usia 14 tahun keatas ialah 4 mg sebanyak 3x sehari. Atau sesuaikan dengan anjuran dokter.
Harga obat Alergi Makanan di Apotik Cyproheptadine
Harga Cyproheptadine sekitar 2.500 rupiah  Namun setiap toko obat akan berbeda-beda memberi harga ini hanya sekedar harga yang umum pernah kami tahu.

Obat-obat yang lainnya juga dapat digunakan untuk meredakan gejala alergi yang timbul. Namun sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter dan baca informasi yang tertera pada kemasan obat antihistamin sebelum menggunakannya. Dan ada beberapa efeksamping yang mungkin timbul setelah mengkonsumsi obat antihistamin tersebut, diantaranya : mengantuk, pusing, sakit kepala, mulut kering, sakit perut, penglihatan kabur dan sulit buang air kecil. Selain diatas baca juga Gejala, Penyebab dan Obat Alergi Gatal di Apotik Resep Dokter Table , Krim & Salep Pada postingan tersebut kami jelaskan table obat gatel karena alergi.

Tips Untuk Obat Alergi Makanan kimia yang ada di apotek

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum mengkonsumsi obat-obat antihistamin tersebut di atas yaitu :
  • Untuk wanita hamil dan menyusui, sesuaikan dosis dan jenis antihistamin dengan anjuran dokter.
  • Untuk anak-anak, pemakaian tiap obat antihistamin berbeda-beda disesuaikan dengan usia anak.
  • Sebaiknya berhati-hati bagi penderita masalah ginjal, hati, pembengkakan prostat, infeksi saluran kemih, tukak lambung, obstruksi usus, dan glaukoma.
  • Jika anda biberi resep obat antihistamin golongan pertama, hindari mengkonsumsi zat alkohol atau minuman yang beralkohol karena dapat memperparah efek rasa kantuk.
  • Tidak boleh mengkonsumsi obat antihistamin bersamaan dengan obat-obatan lainnya termasuk produk herbal tanpa petunjuk dari dokter. Karena hal tersebut dikhawatirkan dapat menyebabkan efek samping yang membahayakan (contohnya dosis yang berubah menjadi sangat tinggi ketika anda mengkonsumsi salah satu jenis antihistamin berbarengan dengan parasetamol, dekongestan, atau jenis antihistamin lainnya).
  • Apabila terjadi reaksi alergi atau overdosis saat menggunakan suatu jenis obat antihistamin, segera ke dokter.
Demikian pembahasan obatapotik.com tentang alergi makanan gejala dan penyebabnya serta obat alergi makanan di apotik yang dapat anda gunakan untuk meredakan gejala alergi.

Artikel Terkait