Penyebab, Gejala, Obat Angin Duduk Paling Ampuh Resep Dokter- Angina Pectoris

Loading...
Angin duduk adalah salah satu jenis penyakit yang paling cepat menimbulkan kematian. Gejalanya yang nyaris tidak terdeteksi dan bisa menyerang kapan saja, berhasil membuat angin duduk menjadi penyebab kematian nomer satu di Indonesia. Akan tetapi, sebenarnya angin duduk merupakan jenis penyakit yang sudah ada dalam tubuh sejak lama, hanya saja karena gejalanya yang memang sangat halus dan mirip dengan penyakit yang lain, membuat angin duduk tidak terdeteksi.

Penyebab, Gejala, Obat Angin Duduk Paling Ampuh Resep Dokter

Sebelum memabahas kepada inti artike ini kita kenali dulu apa ciri-ciri angin duduk  dengan mengenali gejala yang ditimbulkannya ,

Gejala Angin Duduk

Dalam istilah medis, angin duduk ini disebut juga sebagai Angina Pectoris, atau dada yang terasa sakit akibat aliran darah yang tidak lancar pada jantung, otot jantung tidak mendapatkan asupan oksigen dan mengakibatkan jantung tidak bisa berfungsi dengan baik. Orang yang mengalami angin duduk akan mersakan sakit di bagian dada seperti diremas atau dicengkeram dengan kuat. Bukan cuma pada dada, namun juga bisa menjalar sampai ke bahu, leher, lengan dan punggung. 

Sakit dada dan sakit menjalar yang dirasakan oleh penderita angina pectoris ini terasa seperti dibebani dengan beban yang sangat berat, terasa sumpek, dan terkadang dibarengi dengan sulit bernapas akibat nyeri di dada. Selain itu gejala-gejala lainnya yang terasa dari sakit angin duduk ini antara lain adalah mual-mual, dan tentu saja rasa mualnya berbeda dengan mual yang diakibatkan sakit lambung, sebab mual-mual yang dirasakan penderita angin duduk itu berbarengan dengan sakit dada. Berkeringat dingin dan terasa pusing juga menjadi gejala lanjutan dari Angina Pectoris, ditambah lagi badan yang terasa lelah luar biasa dan bahkan sampai terasa sakit ke ulu hati.

Penyebab, Gejala, Obat Angin Duduk Paling Ampuh Resep Dokter- Angina Pectoris

Penyebab Angin Duduk yang Wajib Diketahui dan Diwaspadai

Penyebab angin duduk yang paling utama adalah karena adanya penyempitan pembuluh darah pada jantung atau istilah medisnya adalah vasokontriksi. Sehingga mengakibatkan kerja jantung tak maksimal akibat kurangnya oksigen dalam jantung atau sebagian jantung, hal itu berimbas pada pasokan darah yang tak sempurna untuk mencukupi sistem kerja jantung. Nah, kondisi seperti demikian jika terlalu sering terjadi akan mengakibatkan kerusakan pada cara kerja jantung dan mengakibatkan angin duduk kronis yang bisa menyerang kapan saja, hingga bisa menyebabkan kematian mendadak.

Gaya hidup buruk juga mengakibatkan terjadinya angin duduk, tidur yang tidak teratur, terlalu sering atau terlalu banyak menyantap makanan yang berkolesterol tinggi menjadi penyebab penyakit ini. Ditambah lagi kebiasaan menyantap makanan instan yang berpengawet dan ditambah pemanis buatan, serta tidak adanya jadwal olahraga membuat jantung makin kepayahan. Setelah kita mengenali angin duduk itu apa maka beranjak kepada mengetahu apa obat angin duduk diperut atau lainnya.

 Pertolongan Pertama Pada Angin Duduk

Apabila anda, atau orang terdekat anda mengalami gejala angin duduk atau serangan angina pectoris mendadak, sebaiknya anda segera melakukan beberapa langkah pertolongan pertama seperti di bawah ini :
  • - Apabila seseorang mengalami sakit di dada yang menyakitkan, seperti diremas dan dibebani dengan beban yang luar biasa berat, serta diiringi dengan gejala-gejala yang sudah disebutkan di atas, maka sebaiknya segera hentikan aktifitas.
  • - Konsumsi segera obat antiplatelet, jenis obat antiplatelet yang paling mudah untuk didapatkan adalah aspirin. Maka tak ada salahnya untuk menyediakan obat ini di kotak P3K dalam rumah atau tempat kerja.
  • - Segera cari bantuan untuk mengantar pergi ke rumah sakit, supaya bisa langsung ditangani oleh dokter ahli jantung atau dokter bagian kardiovaskular.
  • - Tambahan, segera telan satu siung bawang putih yang telah digeprek untuk mengurangi gejala perut kembung, nyeri di ulu hati, susah buang air besar dan susah buang gas yang mengiringi angin duduk. Akan tetapi tentu saja menelan bawang putih ini tidak serta merta mengobati angin duduk, tapi setidaknya mencari bantuan medis dengan pertolongan pertama tradisional ini akan lebih baik.

Obat Angin Duduk di Apotik yang Ampuh Seperti Resep Dokter

Selain menyediakan aspirin sebagai obat antiplatelet yang bisa dikonsumsi untuk antisipasi awal, sediakan juga beberapa jenis obat angin duduk yang ampuh seperti resep dokter berikut ini. Obatnya bisa didapatkan di apotek dan bisa juga didapatkan melalui resep dokter langsung.
  1. - Nitrogliserin. Ada dua jenis Nitrogliserin, yaitu dalam bentuk tablet oral 5 mg dan tablet sublingual 0,3 mg, 0,4 mg dan 0,5 mg. Diguankan untuk pengobatan dan pencegahan angina pectoris. Untuk serangan akut angina pectoris, gunakan 0.3 mg – 0.6 mg sublingual, kemudian diulang setiap 5 menit selama 15 menit sekali. Pemberian kapsul tambahan: Melalui mulut (oral) sebesar 2.5 mg, dan diberikan 2-3 kali sehari, atau selain itu bisa melalui mulut (oral) sebesar 5 mg, cukup diberikan 2-3 kali sehari dalam kasus-kasus berat atau sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter.
  2. - Cedocard 5 mg. Harganya 1.250 per tablet dan berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah supaya jantung bisa kembali berfungsi dengan normal. Efeknya terasa setelah dua atau tiga menit konsumsi dan efeknya bertahan selama 2 sampai tiga jam saja. Cara konsumsi untuk Angina Pectoris adalah dengan melarutkannya perlahan di bawah lidah, kemudian untuk pencegahan bisa dikonsumsi satu sampai dua tablet, sebanyak tiga sehari sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter. Untuk pencegahan terjadinya Angina Pectoris selama tidur, konsumsi 1 sampai 2 tablet sebelum tidur. Cedocard ini memberikan efek yang lebih lama dibandingkan dengan Nitrogliserin.
  3. - Bilberry. Ini adalah obat mujarab angin duduk yang menggunakanbuah beri sebagai bahan baku pengobatan Angina Pectoris. Buah bilberry ini mengandung anthocyamin yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh, melonggarkan pembuluh darah, bisa menurunkan kadar darah dan juga mencegah terjadinya angin duduk.
  4. - Ekstrak Dedalu atau Willow. Kulit dedalu atau pohon willow merupakan aspirin herbal. Penggunaan aspirin dalam dosis sedang bisa membantu mencegah terjadinya serangan jantung, termasuk angina pectoris ini. Aspirin memiliki fungsi untuk mencegah penggumpalan darah, sehingga bisa mengatasi kemungkinan risiko terjadinya gumpalan daran pada pembuluh jantung. Untuk mendapatkan khasiat dari kulit dedalu ini adalah dengan menyeduh satu sendok makan kulit dedalu yang sudah dijemur kering ke dalam air mendidih. Saring dan minum secara teratur. Kelak kulit dedalu ini akan memberikan perisai dari Angina Pectoris. Jika anda merasa ada gejala darah rendah maka silahakan baca Nama Tablet Vitamin dan Obat Penambah Darah Generik di Apotik Kimia Farma

Tips untuk  Obat Angin Duduk

Setelah menyediakan obat untuk antisipasi serangan angin duduk, maka sebaiknya anda juga melakukan beberapa tindakan pencegahan. Tindakan pencegahannya adalah dengan mengonsumsi beraneka macam buah-buahan segar dan juga menyantap aneka sayuran serta serat. Cobalah untuk menghindari makanan makanan cepat saji yang memang biasanya memiliki kolesterol sangat tinggi. Jangan biasakan mengumbar emosi dan amarah, sebab emosi yang berlebihan bisa mengakibatkan otak menjadi panas, darah jadi bergerak cepat dan jantung berdetak lebih cepatdari biasanya, mengakibatkan penyempitan pembuluh darah dan berakibat serangan jantung.

Hindari juga stres, sebab stres bisa mengakibatkan tubuh serta otak dipaksa bekerja berlebihan. Biasakan untuk selalu berpikiran positif dan bijak dalam menyikapi semua hal, berawal dari pikiran yang sehat, daya pikir yang sehat maka tubuh juga akan sehat dan terhindar dari risiko angin duduk.Salam sehat dari obatapotik.com.
Loading...
Previous Post
Next Post