Nama Obat Batuk Berdahak dan Kering di Apotik yang Bagus dan Mujarab

Loading...
Loading...
Secara umum, kita mengetahui dua jenis obat batuk, yaitu obat batuk yang mengandung ekspektoran yaitu obat batuk untuk batuk berdahak dan obat batuk yang mengandung supresan yaitu obat batuk untuk batuk kering. Oleh karena itu, jika anda membeli obat batuk di apotik yang bagus maka harus disesuaikan dengan jenis batuknya, apakah termasuk batuk yang berdahak atau batuk kering. Ini sangat penting karena jika tidak sesuai bisa berakibat semakin buruk pada kesehatan anda dan bisa jadi akan sangat berbahaya karena berhubungan dengan saluran nafas.

Nama Obat Batuk Berdahak dan Kering di Apotik 

Nah pada kesempatan kali ini kita akan bahas batuk berdahak dan batuk kering serta memilih obat batuk di apotik yang tepat.

Batuk berdahak

Batuk berdahak merupakan kondisi batuk yang disertai dengan adanya lendir atau dahak. Sebenarnya batuk itu sendiri merupakan reaksi dan cara tubuh untuk mengelurakan dahak atau lendir agar tidak menghambat saluran nafas serta untuk membersihkan parau-paru dari debu atau partikel lain dan untuk membersihkan saluran pernafasan. 

Jika sesorang mengalami batuk berdahak maka harus diberi obat batuk berdahak resep dokter atau bisa juga herbal obat batuk berdahak. Terbayangkan jika diberi obat batuk kering yang sebenarnya bersifat menekan atau menghentikan batuk, maka sangat mungkin dahak akan tertahan di dalam tidak bisa keluar yang akibatnya bisa sesak nafas bahkan mungkin akan membahayakan jiwa apalagi jika kasusnya menimpa pada bayi dan anak-anak. 

Oleh sebab itu, pada prinsipnya pengobatan batuk berdahak yang baik ialah batuk berdahak tidak boleh ditekan dan dihentikan atau disupresi, justru harus ditingkatkan efisiensi batuk sehingga dahak akan mudah keluar dengan memberikan obat batuk berdahak yang bersifat mukolitik dan ekspektoran.

Ekspektoran merupakan golongan obat batuk berdahak yang mengandung zat untuk mengusir dahak atau lendir dari paru-paru, misalnya guaifenesin dan amonium klorida. Sedangkan mukolitik merupakan golongan obat pengencer dahak contohnya ambroxol dan bromhexine. Dan beberapa obat batuk di apotik sudah mengandung kedua unsur mukolitik dan ekspektoran untuk mendapatkan hasil yang manjur.

Nama Obat Batuk Berdahak dan Kering di Apotik yang Bagus dan Mujarab

Obat batuk berdahak di apotik Dewasa dan Anak

1. Guaifenesin
nama obat batuk berdahak dan pilek adapun  rincian obat guaifenesin adalah Sbb:

Bentuk obat Guaifenesin
tablet, sirup dan kapsul
Aturan pakai dan dosis Guaifenesin
untuk cara menggunkan Guaifenesin ini anak usia di atas 12 tahun ke atas, dosis yang digunakan yaitu 100 mg - 200 mg sebanyak 2-3 x sehari. Dan untuk anak usia di bawah 12 tahun, tanyakan dosisnya kepada dokter.
 Manfaat atau Fungsi Guaifenesin
Guaifenesin, obat batuk di apotik ekspektoran ini digunakan untuk mengobati batuk dan penyumbatan akibat dahak yang disebabkan oleh suatu kondisi seperti bronkitis, pilek, dan flu.

Efek samping Guaifenesin
sakit perut, mual, muntah, diare dan pusing.

Peringatan Untuk Guaifenesin
Berhati-hatilah ketika anda menderita gangguan ginjal, gangguan hati, epilepsi, dan telah menderita batuk sejak lama. Dan jika dalam waktu lima hari batuk tidak sembuh, atau kambuh lagi setelah sembuh dengan disertai gejala demam, sakit kepala, dan ruam, maka segera hubungi dokter. Serta bagi wanita hamil dan menyusui sesuaikan dengan anjuran dokter.
 Harga Guaifenesin 
Guaifenesin dijual dengan harga yang ekonomis yaitu : 7000-.


2. Ambroxol
Mrek obat batuk berdahak ini juga sangan popular dan ampuh yang bisa anda dapatkan di apotik umum 

Bentuk kemasan obat Ambroxol : 
Tablet dan obat cair untuk diminum

Manfaat Ambroxol: 
yaitu mengencerkan dahak supaya lebih mudah dikeluarkan sehingga akan melegakan saluran pernapasan. Obat ini umumnya digunakan dalam beberapa kondisi yang menghasilkan banyak dahak contohnya Bronkiektasis, Emfisema, Bronkitis kronis dan akut, Bronkitis asmatik, dan Pneumokoniosis bronkitis.

Aturan pakai dan dosis : 
cara menggunakan Ambroxol adalah demikian ini , buatDewasa, diberikan sebanyak 30-120 mg/hari. Biasanya dosis akan disesuaikan dengan tingkat keparahannya, kondisi pasien dan respons tubuh terhadap obat. Untuk anak-anak, dosis akan disesuaikan dengan berat badannya dan berikan sesuai petunjuk dokter.
Efek samping Ambroxol : 
obat batuk di apotik yang satu ini terkadang bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan seperti mual, muntah, dan nyeri ulu hati akan tapi efek samping ini biasanya ringan.

Peringatan Ambroxol:
Bagi ibu hamil dan menyusui, sesuaikan dengan anjuran dokter. Ibu hamil yang janinnya berada dalam usia dua belas minggu pertama, sebaiknya jangan mengkonsumsi obat ini.
Berhati-hatilah bagi penderita tukak lambung atau ulkus
 Harga sirup Ambroxol
Adapun harga Ambroxol sangat variasi namu rata-rata dijual 8000 rupiah.


3. Bromhexine
Obat batuk berdahak generik rekomendasi dokter ini juga mudah anda dapatkan untuk riviwnya demikian ini :

Bromhexine, bentuk obatnya tablet dan obat cair. 

  • Manfaatn Bromhexine yaitu untuk meredakan batuk yang disertai dahak.
  • Aturan pakai dan dosis Bromhexine, yaitu dewasa dan anak-anak usia 12 ke atas 8 mg sebanyak 3 x/hari. Anak-anak 6-12 tahun 4 mg sebanyak 3x/hari. Dan anak-anak 2-5 tahun 2,5 ml sebanyak 3x/hari.
  • Efek samping Bromhexine yang mungkin terjadi setelah mengkonsumsi obat ini adalah kembung, muncul ruam di kulit, gangguan pencernaan misalkan diare, mual dan muntah serta sakit kepala.
  • Peringatan Bromhexine , obat batuk di apotik bermrek Bromhexine bukan saja tanpa kontradiksi nah, berikut ini kontra indikasinya:
  1. Bagi ibu hamil, menyusui, atau yang sedang merencanakan kehamilan, tanyakan dulu pada dokter sebelum mengkonsumsi obat ini.
  2. Berhati-hati bagi anda yang memiliki masalah dengan ginjal, hati, atau tukak lambung serta gangguan penurunan kekbalan tubuh.
  3. Segera hubungi dokter jika efek samping terus berkepanjangan.
 Harga obat batuk Bromhexine
 Harga obat batuk Bromhexine dijual sekitar 4000 sampai 7000 tergantung toko obat yang anda kunjungi.

Batuk kering

Batuk kering merupakan batuk yang tidak mengeluarkan dahak. Umumnya batuk ini dialami saat seseorang menghirup debu atau partikel lain yang dapat menyebabkan iritasi. Juga seseorang bisa mengalami batuk kering ketika berada di tempat dengan kondisi sangat kering dan udara panas. 

Obat batuk kering dan gatal resep dokter

Sebelum anda membeli obat batuk di apotik, sebaiknya pastikan dulu jenis batuknya apakah batuk kering atau malah batuk berdahak. Jika memang benar batuk kering maka pengobatannya menggunakan obat yang bersifat antitusif yaitu menekan rangsangan batuk sehingga akan dapat mengurangi dan menghilangkan batuk kering, misalnya dextromethorphan.
Beberapa produk obat batuk di apotik kombinasi juga telah tersedia yang menggabungkan antitusif (penekan batuk) dengan antihistamin atau dekongestan. Anti histamin dapat mengurangi rasa gatal pada tenggorokan sehingga bisa mengurangi dorongan batuk, selain itu juga anti histamin memiliki efek penenang sehingga dapat membantu penderita tidur nyenyak tanpa di ganggu oleh batuk.

Dextromethorphan : Obat batuk kering Generik di apotik

Dextromethorphan merupakan jenis obat antitusif atau penekan batuk yang tergolong ke dalam obat bebas. 
  • Fungsi atau kegunaan Dextromethorphan
Manfaat dari obat ini adalah meredakan batuk kering baik yang disertai pilek, plu atau tidak.
Dextromethorphan tersedia dalam bentuk obat cair yang diminum, tablet dan permen pelega tenggorokan. Dan tersedia dalam berbagai merek yang dapat dibeli secara bebas di apotik. 

  • Aturan pakai dan dosis dextromethorphan dapat dilihat pada kemasan produk yang tertulis, namun jika anda ragu sebaiknya tanyakan pada dokter atau apoteker. 

  • Efek samping yang dapat dirasakan setelah mengkonsumsi obat ini adalah mengantuk, mual dan muntah serta pusing.
  • Peringatan Dextromethorphan :

  1. Untuk ibu hamil dan menyusui tanyakan dulu pada dokter jika akan menggunkan obat ini.
  2. Untuk dosis anak-anak sebaiknya tanyakan pada dokter 
  3. Berhati-hatilah pada penderita gangguan pernapasan seperti asma, dan gangguan hati serta diabetes.
  4. Setelah mengkonsumsi obat ini maka jangan mengendarai kendaraan.
  5. Hubungi dokter jika efek samping terus berlanjut.
Harga  Dextromethorphan 

Adapun harga obat batuk kering Dextromethorphan ini dijual jika tablet sekitar 6000 per/strip dan tapi bila syrupnya dijual seharga 2400-.
 
Demikian pembahasan kami obatapotik.com tentang batuk berdahak dan batuk kering serta memilih obat batuk di apotik yang tepat.

Artikel Terkait