Harga dan Nama Salep Obat Biang Keringat pada Bayi di Apotik Umum yang Aman

Loading...
Loading...
Obat biang keringat di apotik dan Alami. Menentukan obat biang keringat terutama pada bayi jangan asal tanpa memperhatikan tingkat sensitivitas kulit bayi. Bang keringat merupakan jenis gangguan kesehatan yang terjadi pada kulit terutama sering diderita oleh bayi dan juga anak-anak. Adanya biang keringat pada kulit ini harus segera diatasi sebab selain menimbulkan rasa tidak yaman juga dapat membahayakan kesehatan.

Harga dan Nama Salep Obat Biang Keringat pada Bayi di Apotik Umum yang Aman

Perlu anda obat biang keringat yang sesuai dengan kulit penderita Sebab obat biang keringat jika tidak sesuai dengan jenis kulit atau tidak cocok digunakan oleh bayi akan menimbulkan iritasi pada kulit. Mengobati biang keringat sebaiknya dilihat terlebih dahulu jenis biang keringatnya. Sebab ada biang keringat yang dapat sembuh dengan sendirinya. Walaupun begitu adanya biang keringat dapat mengganggu kenyamanan bayi karena terasa gatal dan kadang terasa perih seperti panas menyengat.

Gejala, Penyebab, Obat Biang Keringat Alami dan Salep

Untuk lebih jelasnya biang keringat dapat ditandai dengan berbagai gejala serta cara untuk mengatasinya baik secara alami maupun salep yang dapat digunakan.
obat-biang-keringat-di-apotik

1. Gejala biang keringat

Berikut ini beberapa gejala biang keringat sebelum menjelaskan obat biang keringat di apotik yang perlu  diketahui.
a. Muncul di daerah leher, dada, dan juga bahu
Biang keringat pada bayi ini sering muncul di daerah yang sering berkeringat seperti di dada, di leher, dan juga bahu. Namun tak jarang biang keringat ini juga muncul di daerah kening.
b. Benjolan kecil
Tanda berikutnya yaitu munculnya benjolan kecil yang terdapat pada kulit bayi. Benjolan pad kulit bayi ini ada yang berwarna putih dan bening maupun berwarna merah.
c. Gatal
Apabila biang keringat terkena udara panas akan menimbulkan gatal. Hal inilah kadang yang menjadi penyebab bayi sering rewel, sebab rasa gatal akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

2. Penyebab Biang Keringat

Berikut ini beberapa penyebab biang keringat pada bayi.

a. Saluran keringat yang belum matang
Penyebab yang pertama yaitu saluran keringat pada bayi belum matangterutama pada bayi yang baru saja lahir. Karena hal itulah keringat akan terjebak di bawah yang disebabkan oleh saluran keringat yang masih belum lancar jika keluar.
Biasanya biang keringat dengan penyebab saluran keringat yang belum matang ini akan muncul pada minggu pertama kehidupan bayi terutama jika bayi sedang di dalam inkubator.
b. Iklim
Penyebab selanjutnya yaitu arena iklim. Biasanya iklim yang panas atau kemarau dapat menjadi penyebab biang keringat pada kulit bayi. Rterutama jika udara terasa panas dan bayi sering berkeringat sehingga menyebabkan baju basah dan juga kulit terlalu lembab.
c. Panas yang berlebihan
Penyebab berikutnya yaitu panas yang berlebihan. Panas yang berlebihan ini bisa karena baju yang terlalu tebal maupun bisa karena udara yang terlalu panas. Atau dapat juga karena tidur di bawah atap seng maupun asbes ketika cuaca panas. Karena itu menggunakan pakaian bayi ketika cuaca panas sebaiknya yang tipis saja.

3. Herbal Obat biang keringat alami

Untuk mengatasi biang keringat ada beberapa obat alami dan ampuh yang dapat digunakan.
a. Kanji
Cara yang pertama yaitu dengan menggunakan kanji. Jika kurang familiar dengan kanji, kita juga dapat menyebutnya dengan menggunakan tepung tapioka. Kanji ini memiliki sifat dingin pada kulit sehingga dapat digunakan untuk mengurangi biang keringat yang terasa gatal dan panas.
Menggunakan kanji untuk mengatasi biang keringat sangat mudah. Caranya yaitu dengan memandikan bayi terlebih dahulu. Setelah dikeringkan dengan handuk dan kulit bayi dalam keadaan bersih dapat diolesi dengan tepung kanji yang dicampur dengan air.
Selama diolesi dengan campuran tepung kanji dan air sebaiknya menghindarkan bayi dari berkeringat. Sebab dengan berkeringat maka ramuan tepung kanji yang dioleskan pada kulit bayi dapat menjadi luntur.
b. Daun krokot
Cara alami berikutnya yaitu dengan menggunakan daun krokot. Daun krokot ini tumbuh liar dengan ciri-ciri daun kecil namun tebaldan mengandung air yang banyak. Cara menggunakan daun krokot untuk mengatasi biang keringat yaitu dengan menyiapkan satu genggam daun krokot yang direbus ke dalam 3 gelas air.
Biarkan hingga mendidih dan hanya tersisa 1,5 gelas saja. Setelah dingin dapat diminumkan pada anak. Cara ini sebaiknya jangan digunakan pada bayi di atas 2 tahun.

4. Obat biang keringat salep

Ada beberapa salep atau krim obat biang keringat di apotik yang dapat digunakan untuk mengatasi biang keringat pada bayi diantaranya yaitu sebagai berikut.

a. Betason-N 5 gram
Nama Salep obat biang keringat di apotik  yang pertama yaitu dengan menggunakan Betason-N 5 gram dengan harga obat biang keringat ini sangat terjangkau yaitu Rp. 12000,00. Salep jenis ini dapat digunakan untuk segala usia baik bayi maupun dewasa. Dan yang lebih pentinglagi salep ini tidak berbau.
Salep ini biasanya dioleskan ketika kulit bayi bersih misalnya sehabis mandi. Dengan harga yang terjangkau tersebut kita dapat menggunakannya hingga beberapa kali pemakaian. Oleskan sesuai dengan aturan pakai agar tidak menimbulkan efek samping.

b. Caladine Lotion
Mrek obat biang keringat di apotek  yang kedua dengan menggunakan Caladine Lotion. Walaupun tidak berbentuk salep namun lotion, tapi Caladine ini cukup ampuh mengatasi biang keringat pada bayi.
Harga Caladine Lotion sekitar Rp. 17.500,00.
Baunya wangi namun jangan sampai bayi menjilatinya jika dioleskan di kulit. Sebaiknya menggunakan obat biang keringat ini ketika bayi sedang tidur, biang keringat di area wajah, atau ketika bayi sedang dibedong.Bila anak sering batuk maka wajib baca Nama Obat Batuk Berdahak dan Kering di Apotik yang Bagus dan Mujarab ini.

Pentingnya Tahu Obat Biang Keringat Rekomendasi dokter dan Herbal

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa biang keringat harus segera diatasi agar tidak menimbulkan efek kesehatan yang lainnya. Selain itu jika anak sedang mengalami biang keringat kita tidak perlu panik karena sudah tahu cara untuk mengatasinya.

Tips Cara mengatasi biang keringat

Namun, kita juga dapat mencegah biang keringat muncul dengan melakukan hal berikut ini.

1. Menggunakan pakaian yang menyerap keringat
Cara pertama yaitu dengan menggunakan pakaian yang menyerap keringat. Pakaian yang dapat menyerap keringat misalnya saja yang terbuat dari bahan katun. Hindari juga penggunaan pakaian yang terbuat dari bahan wool karena kemampuan menyerap keringatnya kurang serta sering menimbulkan rasa gatal terutama pada kulit yang sensitif.


2. Sering dimandikan
Cara pencegahan yang kedua ini dilakukan apabila anak sering mengeluarkan keringat yang berlebihan. Cara ini juga dapat dilakukan ketika bayi menjelang tidur agar kulitnya tidak panas dan juga gatal.


3. Menghindari pakaian rapat
Jangan menggunakan pakaian yang ketat atau rapat pada bayi ketika cuaca sedang panas sebab akan menimbulkan biang keringat apabila sering dilakukan secara terus menerus. Selain itu menggunakan pakaian yang ketat juga dapat menimbulkan iritasi pada kulit bayi.


4. Berada di tempat teduh
Cara keempat yang dapat dilakukan yaitu dengan tidur atau berlama-lama berada di tempat teduh. Hal ini sangat bermanfaat ketika udara sangat panas. Dapat juga menggunakan AC ata kipas angin di dalam ruangan sesuai dengan kebutuhan sehingga menimbulkan rasa nyaman

Demikian beberapa ulasan kami obatapotik.com tentang Gejala, penyebab, obat biang keringat, serta cara pencegahannya semoga dapat bermanfaat.

Artikel Terkait