Nama Obat Diare Di Apotik Untuk Anak yang Bagus Dan Cara Mencegahnya

Loading...
Loading...
Obat diare di apotik untuk anak sudah sangat banyak. Dari produk herbal, obat resep dan obat bebas yang dengan mudah kita dapatkan. Namun kita harus waspada dan hati-hati karena jika salah dalam memilih obat diare untuk anak bukan sehat yang akan anak rasakan akan tetapi bisa menimbulkan masalah kesehatan yang lain.

Nama Obat Diare Di Apotik Untuk Anak yang Bagus Dan Cara Mencegahnya

Mengetahui nama obat diare generik di apotik Alangkah baiknya tapi sebaiknya sebelum membeli salah satu obat diare di apotik, anda mengetahui gejala dan penyebab diare yang sering menimpa anak-anak. Diare merupakan sebuah kondisi terganggunya kesehatan yang ditandai dengan encernya peses yang dikeluarkan dengan frekuensi BAB yang lebih sering jika dibandingkan dengan biasanya. Biasanya diare terjadi karena mengkonsumsi makanan atau minuman yang tercemar virus, bakteri, atau parasit. Umumnya diare hanya berlangsung dalam rentang waktu beberapa hari, akan tetapi pada beberapa kasus terjadi dalam frekuensi waktu yang panjang hingga berminggu-minggu.

Gejala dan Penyebab Diare Pada Anak

Gejala diare yang dirasakan oleh setipa penderita bisa berbeda-beda, sebagian orang ada yang mengalami sakit perut singkat dan peses yang tidak terlalu encer, namun ada juga orang yang mengalami diare dengan sakit perut sampai kram dan peses yang sangat encer. Dalam kasus diare yang memanjang, umumnya sipenderita akan merasakan ingin buang air besar (BAB) dalam tempo yang sering.
Nama Obat Diare Di Apotik Untuk Anak yang BagusDan Cara Mencegahnya

Beberapa gejala diare secara umum diantaranya adalah kehilangan nafsu makan, pusing atau sakit kepala, mual dan muntah. Pada umumnya, diare pada anak-anak akan berlangsung selama 5-7 hari. Jika kondisi diare lebih lama terjadinya dari waktu tersebut atau diare anak Anda disertai muntah, ada darah pada peses, dan menceret yang parah, sebaiknya cepat periksakan anak ke dokter. Pemeriksaan dokter juga perlu secepatnya dilakukan jika anak atau terutama bayi buang air besar 6 kali atau lebih dalam sehari.
Akibat dari diare yang berkepanjangan adalah dehidrasi. Dan Anda harus berhati-hati terhadap dehidrasi karena bisa menyebabkan kematian. Pada anak-anak, gejala dehidrasi dapat berupa rewel, cepat mengantuk dan kondisi tubuhnya akan menurun. Di samping itu, anak atau bayai juga jarang buang air kecil, tangan dan kakinya terasa dingin, serta kulitnya pucat dan berbintik. 

Penyebab dari penyakit diare umumnya dapat berasal dari makanan yang dikonsumsi, atau dapat disebabkan juga oleh bakteri pada sistem pencernaan yang masuk bersamaan dengan makanan yang dikonsumsi. Supaya penyakit diare yang diderita anak Anda tidak bertambah buruk, alangkah baiknya jika meminum obat diare di apotik yang dijual bebas atau jika diarenya terus menerus dalam jangka waktu yang panjang sebaiknya periksakan anak Anda ke dokter.

Daftar Merk Obat Diare Di Apotik Untuk Anak

1. Oralit 
salah satu obat warung obat diare adalah obat oralit sehingga Ketika anak Anda mengalami masalah diare dan rentan terhadap resiko dehidrasi, biasanya dokter akan menyarankan untuk diberikan oralit. Anda dapat memperhatikan petunjuk dan takaran yang pas pemberian oralit yang tertera pada kemasan produknya. Takaran atau aturan pakai yang dapat diberikan pada anak umumnya sangat tergantung pada ukuran dan berat badan anak, akan tetapi aturan dan anjuran umum yang diperbolehkan untuk pemberian oralit pada anak adalah satu sachet untuk tiap kali setelah ke buang air besar. Obat diare di apotik, oralit tidak dapat menyembuhkan masalah diare atau menanggulangi penyebab diare, namun dapat bermanfaat untuk mencegah dan memulihkan cairan tubuh akibat dehidrasi. Jika dehidrasi akibat diare yang dialami anak Anda terjadi secara serius, maka perawatan di rumah sakit dan pemberian cairan melalui infusan akan sangat diperlukan. nama obatdiare resep dokter pertama ini sebenarnya sudah familiar dan harganya terjangkau.


2. Loperamide Tablet
Obat diare di apotik selanjutnya adalah loperamide baik yang tablet atau kapsul. Obat antidiare ini merupakan obat resep yang bermanafaat untuk mengatasi diare akut dan hanya dapat dikonsumsi oleh dewasa dan anak diatas 12 tahun.
Loperamide berfungsi untuk memperlambat aktivitas usus besar sehingga akan dapat menahan makanan lebih lama di dalam usus. Dengan demikian, usus akan menyerap lebih banyak air dan peses akan menjadi lebih padat. Akan tetapi perlu diketahui bahwa obat loperamide hanya bisa meredakan gejala diare, tidak dapat mengobati penyebabnya.
Dosis dan aturan pakai Loperamide Tablet yang benar :
  • Dosis pemakaian loperamide akan tergantung kepada jenis diare yang diderita serta tingkat keparahannya. Umunya takarannya adalah 4 mg untuk konsumsi pertama dan 2 mg setiap selesai BAB. Dan dosis maksimal pemakaiannya ialah 12 mg / 24 jam.
Alangkah bijaknya jika penggunaan obat ini senantiasa disesuaikan dengan anjuran dan resep dokter dan tidak boleh lupa untuk membaca aturan pakainya pada kemasan produk.
Peringatan Loperamide Tablet:
  • Ibu hamil dan menyusui sebaiknya tidak menggunakan obat ini atau konsultasikan dulu ke doker.
  • Tidak mengkonsumsi obat ini lebih dari 24 jam
  • Tidak boleh mengendarai atau mengangkat yang berat setelah minum obat ini
  • Tidak dikonsumsi bagi penderita gangguan hati, dan kondisi gangguan pencernaan lainnya yang kronis.
3. Norit
Obat diare di apotik selanjutnya adalah norit. Norit merupakan karbon yang berasal dari tumbuhan yang diaktifkan secara kuat. Oleh sebab itu pengobatan dengan menggunakan obat ini walaupun dalam jumlah banyak tidak berbahaya terhadap anak-anak juga orang dewasa. Daya serap yang kuat dari obat ini sangat baik dalam menghilangkan masalah-masalah dalam perut atau masalah keracunan makanan.

Perhatian bagi pengkonsumsi Norit obat mencret di apotek:
  • Penggunaan pada anak-anak di bawah tiga tahun dan pada ibu hamil serta menyusui harus dengan resep dokter.
Baca secara cermat aturan pakai yang tertera dalam kemasan produk
Setiap dosis berbeda tergantung keluhan yang dialami serta usia dan berat badan anak
Manfaat Norit obat sakit perut di apotik:
  • Untuk mengobati diare
  • Untuk mengobati perut kembung
  • Untuk mengobati gangguan lambung karena terganggunya pencernaan
  • Mengobati rasa mual karena minum alkohol
  • Mengobati kasus keracunan makanan
  • Pencegahan Diare
Sesungguhnya, pencegahan agar tidak terserang diare sangat tergantung pada kedisiplinan kita dalam menjaga makanan atau minuman yang akan dikonsumsi agar selalu bersih. Sangat perlu perhatian khusus dalam mengelola makanan dan minuman mulai dari cara memasak hingga pada proses penyimpanan. Dengan begitu, seseorang dapat terhindar dari berkembangnya mikoorganisme, semisal bakteri penyebab diare. 

Tips mencegah diare atau mencret

Langkah-langkah berikut ini dapat dilakukan dalam upaya pencegahan agar anak Anda tidak terkena diare akibat kontaminasi, diantaranya:
  • Membersihkan tangan anak Anda menggunakan sabun sebelum makan dan setelah bermain dengan binatang piaraan atau setelah dari kamar kecil.
  • Bersihkan kuku anak Anda jika sudah panjang.
  • Jauhkan makanan dan minuman dari anak Anda yang kebersihannya diragukan.
  • Jangan biarkan anak Anda minum air keran.
  • Jagalah agar dapur dan kamar mandi selalu bersih.
  • Usahakan agar anak Anda selalu mengkonsumsi makanan yang dimasak dari bahan-bahan yang segar.
  • Buanglah makanan atau minuman sudah kedaluarsa.
Demikian pembahasan kami www.obatapotik.com tentang obat diare di apotik untuk anak dan cara mencegahnya, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait