Nama Obat Demam Anak Panas Tinggi di Apotik yang Aman

Loading...
Loading...
Obat demam anak atau panas tinggi di apotik dapat dijual dengan bebas tanpa berlaku syarat khusus atau resep dari dokter. Kebanyakan obat-obat tersebut diproduksi karena respon yang tinggi dari pasar, dan hanya bersifat untuk meredakan nyeri atau menurunkan panasnya saja. Banyak gejala yang dikhawatirkan oleh orangtua jika seorang anak panas itu nampak menakutkan. Kejang, bahkan sampai pingsan. ‘Orangtua baru’ yang belum pernah merasakan hal itu akan segera panik dan bingung akan apa yang harus dilakukan jika anaknya mengalami hal tersebut.

Karena itu obat demam anak diproduksi sebagai teknologi yang mempermudah mereka dalam penanganan anak yang terkena penyakit demam tinggi. Mereka tidak mengetahui jika panas ini sebenarnya bukan penyakit, panas hanya sebuah gejala dari beberapa penyakit berat yang dialami si anak. Ciri bahwa panas itu bukan penyakit yang sesungguhnya apabila berada di bawah usia 38 derajat celcius dan panasnya tidak turun selama lebih dari 3 hari. Normalnya jika diberi obat penurun panas, 3 hari akan sembuh dengan sendirinya, tetapi jika tidak turun berarti ada penyakit lain yang mengiringinya, hal itu harus diwaspadai dan dikonsultasikan pada dokter yang berkompeten.

Mengenali Obat Demam Anak Panas Tinggi di Apotik yang Aman

Nama Obat Demam Anak Panas Tinggi di Apotik yang Aman

Namun tak semua panas atau demam anak yang turun berarti penyakitnya telah teratasi, sebagai contoh penyakit demam berdarah, setelah 3 hari, panasnya turun, tetapi sebetulnya itu seperti sebuah siklus pelana kuda, dimana setelah panas turun sebentar lagi akan naik, dan pada saat itulah sebetulnya si anak memerlukan penanganan dengan segera.

Penyebab Panas

Tak hanya karena penyakit seorang anak menjadi panas, terkadang itu panas bisa disebabkan karena adanya perubahan dalam tubuh si anak. Sebagai contoh ketika tumbuh gigi susu, mau bisa merangkak, bisa jalan dan lain sebagainya, biasanya diiringi panas. Adapun panas yang berkaitan dengan penyakit tertentu misalnya, panas karena cacar air, demam berdarah, panas sehabis imunisasi, panas karena infeksi saluran pernafasan, batuk, pilek, juga bisa menyebabkan panas. Panas karena tifus, disentri, diare akibat kontaminasi makanan, panas karena infeksi saluran kemih, meningitis atau radang selaput otak, dan infeksi darah, semua diawali tanda-tanda ringan, yakni panas.

Panas Karena Kekebalan Tubuh Belum Sempurna

Mengapa dalam tubuh seseorang bisa timbul panas? Karena sistem kekebalan tubuh si anak belum sempurna, masih dalam proses untuk menuju kekebalan yang sempurna. Pada saat si anak demam, sebenarnya tengah memproduksi sel darah putih yang diprlukan untuk melawan mikroorganisme asing penyebab infeksi. Suhu tubuh yang tinggi pada seorang anak sebenarnya akan menghambat perkembangan bakteri atau virus dalam tubuh. Karena itu sebenarnya demam atau panas pada anak ini sebenarnya sangat bermanfaat yakni membantu melatih tubuh untuk dapat melawan bakteri atau virus asing yang menyerang dalam tubuh.
Jika virus atau bakteri bisa dikalahkan, maka panas atau demam pada anak akan turun dan sistem kekebalan tubuh akan makin kuat, batuk atau flu dan penyakit ringannya bisa cepat hilang. Tetapi jika panas belum turun, kemungkinan ada penyakit lain yang lebih gawat. Atau jika demam tinggi masih berkelanjutan, tentu orangtua harus mengkonsulnya dengan segera, atau kemungkinan karena sistem pengaturan tubuhnya belum sempurna.

Mencegah Panas

Untuk mengetahui seorang anak menderita demam atau tidak, jangan hanya sekedar dengan meraba pakai tangan ke keningnya lantas merasakan si anak memang panas. Rabaan tangan tak banyak membantu kita mengetahui si anak demam tinggi atau tidak, tetapi harus menggunakan termometer yang biasanya ditempel di ketiak atau mulut. Di rumah sakit-rumah sakit, termometer itu diselipkan di ketiak atau mulut pada saat malam hari, sehingga dalam keadaan diam, termometer akan bekerja lebih baik. Jika panas di atas 38 derajat celcius, itu artinya anak anda dalam kondisi gawat dan butuh penanganan segera.

Untuk merawat anak yang panas, selain dibutuhkan ketenangan dari orangtua, juga pengetahuan tentang penyebab panas itu sendiri, jika anak panas yang pertama wajib diperlukan adalah jangan panik terlebih dulu, tetapi berilah air putih sebanyak-banyaknya karena panas hakikatnya adalah mengeluarkan banyak cairan tubuh yang menyebabkan seseorang menjadi lemas, tak berdaya, bahkan nyaris pingsan. Dehidrasi adalah akibat yang sering terjadi jika mengalami sakit panas, karena itu anjuran untuk banyak minum air putih harus dilakukan.

Jauhkan pula dari lingkungan yang berisik, karena biasanya para pembesuk sering menengok secara bersamaan mengakibatkan si sakit malah tidak bisa beristirahat, kunci dari sembuhnya penyakit salah satunya adalah ketenangan dan istirahat, jika 2 faktor ini tak bisa terpenuhi mana mungkin sakit si anak bisa sembuh? Karena itu peran dari orangtua atau penjaga harus benar-benar membatasi dan menjalankan fungsi dari membesuk si sakit jangan sampai terjadi kesalah pahaman.

Baju yang dikenakan si sakit, diusahakan dari baju dengan kain berpori-pori lebar, bukannya baju ketat, dengan bahan-bahan yang tidak mampu menyerap keringat dengan baik. Ketika memakai baju yang berpori-pori lebar dan menyerap keringat, berarti membantu proses penguapan panas dari tubuh si sakit, sehingga panas bisa segera diturunkan.

Cara tradisional untuk mengatasi panas adalah dengan mengompresnya, ada beberapa hal yang salah kaprah dalam mengompres. Seringjali seseorang mengompres dengan air dingin, dengan maksud jika air dingin itu bisa melawan panas. Padahal sebenarnya mengompres lebih baik dengan air hangat, jika air dingin ditempelkan dengan air panas akan mengubah reaksi tubuh yang berlawanan seratus delapan puluh derajat, bukannya sembuh, mungkin malah akan semakin nemambah masalah lain. Mengompres dengan air panas berarti adalah menurunkan panas secara perlahan-lahan dan tidak akan mengubah kondisi tubuh berbalik seratus delapan puluh derajat. Baca juga: Merk Obat Panas Anak 1-2 Tahun yang Terbaik dan Bagus.

Ini Dia Obat Demam Anak di Apotik Paling Aman

Berikut ini nama obat demam resep dokter yang bisa anda gunaka dengan resep dokter.

  • Parasetamol
Adalah obat yang biasanya digunakan untuk penurun panas, padahal Ia sbenarnya sebagai obat pereda rasa nyeri namun bisa juga untuk menurunkan panas. Contohnya adalah Sanmol, Tempra, Pamol hingga Alpamol
  • Ibuprofen
adalah salah satu jenis obat penurun panas berikutnya sebagai anti inflamasi yang dipakai melebihi dosis bisa menyebabkan perut kembung. Contoh dari obat yang mengandung Ibuprofen adalah Proris, Relaven dan Farsiven
  • Aspirin
Aspirin Salah  nama obat demam anak di apotik juga, tetapi jika melebihi dosis bisa sampai mengakibatkan rasa mual bahkan pendarahan lambung. Merk dagang di pasaran yang ada misalnya aspilet
  • Supositoria
Salah satu obat penurun panas yang dikonsumsi lewat anus. Biasanya arena panas yang terlalu tinggi mengakibatkan tidak bisa diberi obat lewat oral, adapun obat yang diberikan lewat anus dapat bekerja lebih cepat, merk dagangnya di pasaran contohnya proris dan propiretic.

Nah, demikian obat demam anak paling bagus yang bisa anda beli di apotek dari web www.obatapotik.com , semoga bermanfaat

Artikel Terkait