Manfaat, Harga Obat Norit di Apotik untuk Sakit Perut dan Diare

Loading...
Dalam artikel ini akan dibahas mengenai manfaat dan harga Obat Norit untuk sakit perut dan juga diare. Namun sebelum itu tentu akan lebih baik lagi apabila anda mengetahui apa itu diare dan juga gejalanya. Diare merupakan kondisi yang ditandai akan encernya tinja yang dikeluarkan yakni dengan frekuensi buang air besar (BAB) yang bisa dibilang lebih sering apabila dibandingkan dengan biasanya.

Manfaat, Harga Obat Norit di Apotik untuk Sakit Perut dan Diare

Pada umumnya, diare terjadi karena konsumsi makanan ataupun minuman yang terkontaminasi oleh bakteri, virus, ataupun parasit. Pada umumnya diare hanya berlangsung selama beberapa hari saja, namun di sebagian kasus bisa memanjang sampai berminggu-minggu.

Manfaat Obat Norit untuk Sakit Perut dan Diare


Diare dapat berdampak fatal jika si penderita mengalami dehidrasi yang diakibatkan kehilangan banyak cairan dari tubuh. Oleh karena itu diare tidak boleh dianggap sepele meskipun kondisi ini sudah sangat umum terjadi.

Sebelum membahas manfaat dari Obat Norit, disamping penjelasan apa itu diare seperti yang disebutkan diatas, anda juga perlu mengetahui gejala dan juga faktor dari penyakit diare ataupun sakit perut yang anda derita. Gejala dari diare sangat bermacam-macam, yakni dimulai dari yang Cuma merasakan sakit perut singkat disertai tinja yang tidak terlalu encer sampai ada pula yang mengalami kram perut disertai keluarnya tinja yang sangat encer. Didalam kasus diare parah, kemungkinan si penderita juga akan mengalami demam serta kram perut yang hebat.

Manfaat, Harga Obat Norit di Apotik untuk Sakit Perut dan Diare

Secara umum ada beberapa faktor penyebab diare atau sakit perut. Penyebab diare untuk orang dewasa dan juga anak-anak umumnya adalah karena infeksi usus. Infeksi usus dapat terjadi ketika kita mengonsumsi makanan ataupun minuman yang kotor dan juga terkontaminasi. Jenis mikroorganisme yang sangat sering menyebabkan infeksi usus adalah parasit, bakteri, dan virus seperti norovirus dan juga rotavirus.
Ada berbagai jenis obat yang dapat anda gunakan untuk mengobati diare, salah satunya adalah Obat Norit. Norit merupakan merek terkenal yang terbuat dari karbon aktif atau carbo activus. Mungkin Norit merupakan satu-satunya merek yang bisa ditemukan di Indonesia pada kalangan jenis obat ini. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan juga manfaat dan kegunaan obat norit:

  1. Obat Norit merupakan karbon yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang kemudian diaktifkan dengan kuat. Oleh sebab itu pengobatan diare atu sakit perut dengan menggunakan norit walaupun dengan jumlah banyak tidak kan berbahaya, bahkan untuk anak-anak sekalipun.
  2. Daya serap yang kuat yang ada pada Obat Norit sangat baik dalam menghilangkan gangguan-gangguan didalam perut dan juga keracunan makanan. Mekanisme kerja obat ini adalah dengan cara menjerap/adsorbsi toksin ataupun produk bakteri yang ada pada saluran pencernaan.
  3. Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan karbon aktif cukup beragam, antara lain adalah batu bara, kayu, kulit kacang, ataupun serbuk gergaji. Bahan baku tersebut kemudian diaktifkan dengan menggunakan cara kimia yakni dengan mencampurnya dengan asam ataupun dengan mengukus memakai uap atau gas di temperatur tinggi. Dari cara tersebut kemudian dihasilkan arang yang berwarna hitam legam, tapi tidak berbau dan juga tidak berasa.
  4. Apabila karbon aktif Obat Norit diperiksa dengan menggunakan Scanning Electron Microscopy (SEM), maka akan terlihat pori-pori dengan jumlah yang sangat besar. Pori-pori ini memiliki ukuran yang bervariasi. Pori-pori yang memiliki ukuran lebih dari 50 nm disebut dengan macropores, untuk ukuran 2 nm – 50 nm mesopores, serta di bawah 2 nm micropores. Apabila dihitung, maka 1 gram karbon aktif memiliki luas permukaan pori-pori 0,5 hingga 1,5 kilometer persegi. Ini merupakan suatu luas permukaan yang cukup fantastik.
  5. Pori-pori yang sangat luas tersebut bisa menangkap berbagai macam jenis bahan, termasuk juga bahan beracun melalui gaya Van der Walls. Oleh sebab itu karbon aktif bisa digunakan untuk kasus overdosis obat, sakit perut, diare, keracunan makanan, ataupun tertelan bahan beracun. Tapi, kemampuannya dalam menangkap racun ini hanya bisa terjadi di lambung dan juga usus, saat zat beracun belum terserap serta masuk ke peredaran darah. Sehingga, semakin cepat anda mengkonsumsinya, maka akan semakin banyak pula racun yang bisa diserap.

Beberapa bahan tidak bisa diserap oleh karbon aktif Obat Norit, misalnya saja asam atau basa kuat, litium, ogam dan juga bahan inorganik (misalnya, , besi, natrium arsen, timah, fluorin, yodium, dan asam borat), alkohol (misalnya metanol, etanol, glikol, isoprofil alkohol, dan aseton), dan juga hidrokarbon (seperti bensin, oli, minyak tanah, dan hidrokarbon tumbuhan seperti minyak pinus). Untuk beberapa kasus keracunan zat-zat tersebut, karbon aktif tidak boleh dikonsumsi.

Dosis dan Harga Obat Norit di Apotik untuk Sakit Perut dan Diare

Pertama kita bahas adalah bagaimana cara meminum Obat Norit dan ukurannya untuk semua kalangan agar seseuai dengan anjuran.

Dosis Obat Norit

Cara pemakain Obat Norit adalah 3 kali sehari, yakni sebanyak 6-9 tablet dalam sekali minum. Jadi total sehari dapat mencapai 18 hingga 27 tablet. Pada keracunan yang disebabkan oleh sosis, daging, remis, kerang, udang, jamur, ikan, tongkol dan sebagainya, karbol, lysol, dosis penggunaanya adalah langsung 20 tablet dan dapat diulangi seperlunya.
Penggunaan untuk anak-anak di bawah usia 3 tahun dapat dilakukan dengan petunjuk dokter. Sementara untuk ibu hamil, obat ini boleh dipakai sesuai dengan instruksi dan juga aturan pakainya.
Untuk beberapa kasus, anda harus memperhatikan peringatan berikut: apabila masih diare ataupun tidak merasa lebih baik sesudah minum Norit, maka anda harus menghubungi dokter. Pada kasus keracunan, anda dapat segera langsung menghubungi dokter dengan terlebih dahulu memberikan 20 tablet Norit kepada penderita. Dalam penggunaan Norit, maka tinja bisa berubah menjadi hitam. Baca juga: Nama Obat Menggemukkan Badan Di Apotik Tanpa Efek Samping.

Harga Obat Norit

Obat Norit tidak mempunyai efek samping atau bisa dibilang aman. Setiap kemasannyadan berisi 40 tablet berwarna hitam legam. Komposisi dari obat ini adalah karbon aktivus 125 mg, dan juga ditambah eksipien hingga 325 mg. Anda dapat menyimpan obat ini di tempat yang sejuk dan kering. Produk ini diproduksi oleh PT Eagle Indo Pharma, Harga per kemasan adalah 10.900 rupiah. Anda dapat memperolehnya dengan mudah di apotek atau toko obat terdekat di daerah anda.
Diare merupakan salah satu masalah kesehatan terbesar yang dialami oleh masyarakat Indonesia. Berdasarkan riset yang dilaksanakan oleh Departemen Kesehatan RI di tahun 2007, diare telah menduduki peringkat ketigabelas sebagai salah satu penyebab kematian semua umur yakni dengan proporsi sebesar 3,5 persen.

Sedangkan berdasarkan jenis penyakit menular, diare telah menduduki urutan ke 3 penyebab kematian sesudah Pneumonia dan juga TBC. Dari data itu, golongan usia yang paling banyak menderita diare adalah balita yang memiliki prevalensi sebesar 16,7 persen. Oleh sebab itu penanganan yang tepat harus segera dilakukan saat diare menyerang. Demikian infromasi Nama Obat Sakit Perut di Apotik yang dapat kami www.obatapotik.com sampaikan mengenai Obat Norit, semoga bermanfaat.
Loading...
Previous Post
Next Post