Merk Obat Panas Anak 1-2 Tahun yang Terbaik dan Bagus di Apotik

Loading...
Loading...
Sebelum kita membicarakan obat panas anak perlu kita mengetahui gejala dan penyebab panas anak demi mempermudah kita dalam mendiagnosis obat-obatan apa yang sekiranya cocok untuk mengobati anak kita.
Nama-nama Obat panas memang diperlukan setelah kita tahu penyebab pasti dari sakit yang diderita anak kita, karena bisa jadi panas itu disebabkan oleh banyak hal yang kita tidak tahu. Bahkan ada anggapan anak yang sakit panas itu lebih mengkhawatirkan daripada sakit-sakit lainnya, karena bisa jadi panasnya ini adalah gejala dari sakit berat. Yang pasti, panasnya anak kita, apalagi sampai lebih dari 3 hari belum turun-turun patutlah waspada karena panas pada anak adalah gejala dari adanya penyakit yang lebih berat.

Jika anak kita mengalami panas, kemudian setelah diberi obat penurun panas bisa turun dan akhirnya normal kembali, ketahuilah itu adalah gejala penyakit ringan, hal itu adalah wajar terjadi dalam fase pertumbuhan setiap anak, misalnya bayi yang kurang dari 1 tahun setiap fase perkembangannya selalu diikuti dengan panas, mau bisa tengkurap, mau jalan atau mau bicara, sering diikuti dengan panas terlebih dulu. Walaupun nampaknya belum ada penelitian medis tentang penelitian yang satu ini, tetapi ini bisa menjadi ilmu titen bagi orang jawa dan nampaknya akan terus seperti itu.

Merk Obat Panas Anak 1-2 Tahun yang Terbaik dan Bagus

Merk Obat Panas Anak 1-2 Tahun yang Terbaik dan Bagus

 

Pengertian Demam

Panas pada anak itu sebetulnya sistem kekebalan tubuhnya tengah berjuang melawan penyakit yang menyerang tubuhnya. Dalam pengertiannya demam adalah sebuah kondisi dimana suhu tubuh seorang anak melebihi batas di atas 37,5 derajat celcius bagi anak di bawah 6 bulan. Adapun yang dirasakan dari si anak adalah menggigil atau kedinginan. Demam yang seperti ini sesungguhnya si anak tengah berjuang melawan infeksinya yang dideritanya sehingga panasnya menjadi naik

Cara paling efektif untuk mengetahui si anak demam bisa diukur dengan menggunakan termometer suhu yang bisa dikempitkan pada ketiak atau mulut si anak, dan biasanya dilakukan malam hari, karena itu kita tahu dirumah sakit-rumah sakit pemeriksaan suhu seorang anak dilakukan pada malam hari saat si anak sudah tertidur pulas, dikempitkanlah termometer itu selama beberapa saat.

Cara Kerja Sistem Kekebalan Tubuh

Bagaimana mekanisme sistem kekebalan tubuh ini bekerja? Yakni pada saat si anak demam sebenarnya sistem kekebalan tubuh tengah mereproduksi antibodi dengan menggandakan sel darah putih yang sangat diperlukan untuk melawan mikroorganisme asing penyebab infeksi. Suhu tubuh yang tinggi pada seorang anak sebenarnya akan menghambat perkembangan bakteri atau virus dalam tubuh. Karena itu sebenarnya demam atau panas pada anak ini sebenarnya sangat bermanfaat, yakni membantu melatih tubuh untuk dapat melawan bakteri atau virus asing yang menyerang, yang makin lama akan makin kuat dan membentuk suatu sistem kekebalan tubuh yang lebih sempurna.

Jika virus dan bakteri bisa dikalahkan, maka panas atau demam pada anak akan turun, dan sistem kekebalan tubuh akan makin kuat, dan batuk, flu seorang anak bisa cepat hilang. Tetapi jika panas belum juga turun kemungkinan ada penyakit lainnya yang lebih gawat. Atau jika demam tinggi masih saja berkelanjutan sampai beberapa hari, kemungkinan karena sistem pengaturan tubuh mereka belum berkembang sempurna.

Penyebab Panas

Penyebab demam pada anak sebenarnya bisa berasal dari berbagai macam penyakit seperti infeksi saluran pernafasan mulai dari flu, pilek hingga radang tenggorokan, ada pula karena pertumbuhan gigi susu anak, efek samping dari imunisasi, sinusitis yang mirip dengan penyakit pada saluran pernafasan, diare akibat kontaminasi makanan, disentri, tifus, cacar air, demam berdarah, malaria, infeksi saluran kemih, penumonia, meningitis atau radang selaput otak hingga septikimia atau infeksi darah.

Penyakit-penyakit tersebut yang menyebabkan penanganan lebih lanjut dan menjadi penyebab mengapa panas tidak turun-turun, hal ini karena panas menjadi sebuah gejala dan bukan menjadi inti dari penyakit yang sebenarnya.


Ini Dia Obat Panas Anak yang Paling Cocok untuk Anak Berumur 1-2 Tahun

Lantas bagaimana cara menangani anak yang panas demikian, obat panas apakah yang cocok untuk bisa menurunkan panasnya, ataukah mungkin ada solusi lain, yakni dengan mendiagnosis penyakitnya terlebih dulu sehingga panasnya pada akhirnya bisa turun dengan sendirinya, ikuti terus sampai selesai
Jika seorang anak demam atau panas, pastikan mereka tetap bisa minum air putih, walaupun tidak mau, bujuklah untuk bisa minum secara pelan-pelan karena panas pada tubuh seorang anak akan cepat menghilangkan cairan tubuh seorang anak, dehidrasi adalah resiko yang kerap dialami seorang anak, yang membuat anak menjadi lemah, tak berdaya sampai tidak sadarkan diri. Karena itu bujuklah untuk bisa minum air putih walaupun sedikit, dan jangan sekali-kali meminum minuman berkafein yang biasanya terdapat dalam minuman bersoda atau teh kemasan. Baca juga: Vitamin Penambah Berat Badan Anak Dan Dewasa Terbaik Di Apotik Nambah Nafsu Makan.

Obat Panas Anak

Berikanlah obat penurun panas seperti parasetamol dan ibuprofen namun tetap dengan anjuran resep dokter. Parasetamol adalah sejenis obat analgesik, yakni obat pereda rasa sakit yang bisa juga dipakai untuk menurunkan demam. Cara kerja parasetamol atau yang bernama lain acetaminophen ini bekerja dengan mengurangi rasa sakit dengan mengurangi produksi zat alam tubuh yang disebut prostaglandin yakni unsur yang dilepaskan tubuh sebagai reaksi terhadap rasa sakit, dengan melepaskan zat tersebut, tubuh tidak menjadi terlalu fokus pada rasa sakit, karena parasetamol ini bekerja dengan mempengaruhi otak yang berfungsi mengendalikan suhu tubuh.

Adapun Ibuprofen bekerja sebagai anti inflamasi atau peradangan, Ia termasuk obat resep yang hanya bisa dibeli dengan resep dokter, tidak seperti parasetamol yang bisa dijual bebas. Biasanya digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri paska operasi, nyeri otot, nyeri akibat menstruasi, nyeri karena sakit kepala atau migrain dan lain sebagainya. Ibuprofen bekerja dengan menghambat enzim guna memproduksi prostaglandin yang tadi berfungsi sebagai reaksi terhadap rasa sakit. Obat yang satu ini ada yang berbentuk pil, kapsul, cair hingga bubuk dan memiliki berbagai macam merk.

Penanganan Panas Lainnya

Selain penangangan dengan obat, ada pula beberapa cara penanganan dalam bentuk pencegahan seperti larangan untuk mengonsumsi aspirin karena efek sampingnya dapat mengakibatkan sindrom reye, yakni penyakit fatal yang mempengaruhi otak dan hati

Selain itu pastikan pula udara dalam ruangan cukup baik, tidak perlu ruangan ber AC tetapi yang cukup udara dan sinar, berikan baju tipis yang membuat panas tubuh bisa keluar. Tetap terus menjaga kondisi perkembangan suhu anak anda dengan termometer yang selalu ada disamping anda, dan jangan hanya mengandalkan rabaan tangan dengan menempelkan di kening.

Nah, demikian obat panas anak yang dapat anda berikan untuk anak anda, dan juga bagaimana penanganan jika anak anda panas, semoga tips dari kami www.obatapotik.com ini bermanfaat.

Artikel Terkait