Obat Sakit Telinga di Apotik Baik Bernanah, Berair, Gatal, dan Kotor

Loading...
Telinga yang terasa gatal biasanya tidak dianggap serius, hanya dikorek sedikit dengan menggunakan cotton buds lalu rasa gatal bisa hilang untuk sementara. Padahal sebenarnya gatal telinga itu bisa jadi indikasi dari penyakit lain yang bisa berbahaya untuk kondisi telinga kita. Apalagi jika telinga mulai mengeluarkan cairan-cairan yang tak normal baik itu berbau atau tidak, mengeluarkan nanah dan kotor serta mulai berbau menyengat. Maka sudah tandanya kita harus mencari obat sakit telinga di apotik.

Ada banyak penyebab sakit telinga, misalnya infeksi telinga atau otitis eksterna. Ini adalah infeksi pada saluran yang menghubungkan lubang telinga luar dengan bagian gendang telinga, dan kondisi ini biasanya disebut dengan swimmer’s ear, karena memang sering terjadi pada orang-orang yang biasa berenang. Sebab air yang tak sengaja masuk ke dalam telinga itu menggenang dan jadi tempat berkembang biak bakteri. Cirinya adalah terasa gatal dan nyeri, telinga juga jadi merah dan bengkak.

Selain itu, ada juga Psoriasis yang merupakan penyakit kronis dan jangka panjang yang menyerang kulit. Nah, gejala psoriasis ini antara lain adalah adanya ruam merah, kulit telinga yang menebal dan terkelupas, ada juga yang bersisik dan gatal. Alergi pada bagian kulit luar telinga karena perhiasan atau produk kosmetik juga bisa mempengaruhi kondisi telinga, lho. Telinga bisa gatal-gatal dan berair hanya karena sedikit saja zat yang menyebabkan alergi.

Bahkan akibat kotoran telinga yang menumpuk di dalam telinga juga bisa mengakibatkan rasa sakit pada telinga dan terasa sakit yang berdenyut-denyut. Kotoran telinga ini adalah semacam lapisan lilin yang terbuat dari minyak alami di dalam telinga, yang fungsinya adalah untuk menyerap debu dan kotoran yang tak sengaja masuk ke dalam lubang telinga supaya tidak mengganggu bagian dalam telinga. Semakin hari, semakin banyak produksi lapisan lemak di dalam kuping dan akan mengeras jika tak dibersihkan, akhirnya lapisan lilin tersebut akan mengerak dan akhirnya sulit untuk dikeluarkan, bahkan bisa sampai berdarah saat dipaksa untuk dibersihkan. Kotoran telinga yang dalam istilah medis ini disebut sebagai cerumen, bisa sampai menyumbatpendngaran dan menimbulkan rasa ngilu yang luar biasa.

Obat Sakit Telinga di Apotik Baik Bernanah, Berair, Gatal, dan Kotor

Nama Obat Sakit Telinga Di Apotik Baik Bernanah, Berair, Gatal, Dan Kotor


Jika kondisi gatal-gatal dan infeksi yang muncul di telinga sudah parah, maka satu-satunya solusi adalah pergi berkonsultasi ke dokter. Tetapi jika gatal-gatal di telinga baru menunjukkan gejala awal, maka kita bisa mencari obat sakit telinga di apotik dan mengobati sendiri di rumah.

Macam-Macam Obat Sakit Telinga di Apotik dan Cara Menggunakannya

Ya disini akan kami berikan informasi seputar obat sakit relinga resep dokter di apotik:

1. Tarivid Otic. Merk yang satu ini merupakan obat tetes dengan kandungan Ofloxacin, dan memiliki khasiat yang sangat ampuh untuk mengobati radang yang terjadi pada rongga gendang telinga, baik itu radang yang sudah kronis maupun radang tahap awal. Selain itu Tarivid Otic juga memiliki khasiat untuk mengobati radang pada telinga bagian luar. Hanya saja obat tetes telinga yang satu ini hanya bisa digunakan untuk orang dewasa saja, dan dosis pemakaiannya adalah 6 sampai dengan 10 tetes sebanyak 2 kali dalam satu hari, atau sesuai dengan resep yang dokter anjurkan.
Harga Tarivid Otic ini sekitar 100.000 perbotol.

2. Erlamycetin. Masih berupa obat tetes telinga, Erlamycetin mengandung Chloramphenicol base 1% yang akan bekerja sebagai bakterisid dan juga bakteriostatik. Erlamycetin adalah obat untuk telinga yang berair, bisa didapatkan di apotik dan sangat ampuh untuk mengobati superfisial yang terjadi pada telinga bagian luar yang diakibatkan oleh kuman dan bakteri. Cara menggunakannya adalah dengan meneteskannya ke dalam lubang telinga, sebanyak dua atau tiga tetes sebanyak 3 kali sehari. Bisa juga disesuaikan dengan anjuran dari dokter, tetapi harus menghindari penggunaan obat ini untuk jangka panjang, sebab penggunaan dalam waktu yang terus menerus bisa mengakibatkan hipersensitivitas dan juga kuman yang kebal akan zat aktif dalam obat ini. Untuk Erlamycetin bisa anda Tanyakan langsung ke apotik sebab obat ini harus sesuai anjuran dokter.

3. Otopain. Untuk yang satu ini merupakan obat telinga sakit yang terdiri dari zat-zat aktif yang dengan cepat mengobati berbagai macam penyakit di telinga, misalnya otitis eksternal akut yang disebabkan oleh serangan bakteri. Tetapi untuk menggunakan obat ini tak boleh lebih dari sepuluh hari, sebab nantinya akan mengakibatkan risiko ototoksisitas yang jadi lebih besar. Cara penggunaannya juga mudah, sama seperti obat tetes telinga yang lain yakni meneteskannya pada lobang telinga sebanyak 4 atau 5 tetes, sebanyak 3 kali dalam sehari atau lebih, sesuai dengan kondisi sakit telinga yang diderita.
Harga Otopain di apotek sekitar 60.000 rupiah namun bisa berubah-ubah setiap saat.

4. Colme. Chloramphenicol adalah zat aktif yang ada dalam obat telinga gatal dan berair yang satu ini. Memiliki khasiat yang ampuh dan efektif untuk mengobati infeksi superfisial di telinga bagian luar, dengan cara kerja menghambat sintesis protein yang ada pada sel mikroba. Chloramphinecol itu sendiri merupakan antimikroba dengan spektrum yang luas dan aktif sekali pada bakteri jenis gram-positif dan gram-negatif. Cara menggunakannya cukup diteteskan 2 sampai 3 tetes per lubang telinga sebanyak tiga kali sehari.
Harga obat tetes telinga Colme Chloramphenicol ini adalah skitar 24000 rupiah

5. Vital Ear Oil. Jika telinga gatal dan kotor, maka obat sakit telinga di apotik yang satu ini adalah jawabannya. Merupakan obat tetes telinga antiseptik yang akan membantu kita membersihkan telinga dengan cara yang mudah dan aman. Bisa membantu untuk melancarkan peredaran darah di telinga dan mengurangi rasa sakit akibat radang dan bernanah di dalam telinga.
Harga Vital Ear Oil dijual di apotik sekita 20.000 rupuah perbitol. Baca juga: Merk Obat Pencuci Perut di Apotik Paling Ampuh Dan Harganya.

Efek Samping Obat Tetes Telinga di Apotik dan Cara Mencegah Sakit Telinga

Setiap obat kimia pasti akan memberikan efek samping jika penggunaannya diluar dosis yang sudah dianjurkan, termasuk obat untuk telinga yang gatal dan berair ini. Penggunaan obat tetes telinga dalam jangka panjang bisa mengakibatkan virus dan bakteri yang menjadi kebal dengan zat aktif dalam obat tersebut. Selain itu, penggunaan obat tetes telinga untuk anak-anak dan juga ibu hamil atau menyusui harus melalui konsultasi terlebih dahulu pada dokter THT (telinga, hidung, tenggorokan), supaya bisa mengetahui obat tetes telinga yang aman dan direkomendasikan.

Setelah telinga sembuh dari iritasi dan radang, sebaiknya hindari hal-hal yang bisa mengakibatkan telinga terluka dan akhirnya meradang. Sebaiknya lakukan cara untuk mencegah terjadinya infeksi telinga di bawah ini :
  • - Hindari memasukkan benda-benda keras ke dalam telinga
  • - Gunakan cotton buds untuk membersihkan telinga, lakukan dengan hati-hati sekali dan jangan terlalu dalam
  • - Jika ingin berenang, gunakan penutup telinga untuk menghindari air yang masuk ke dalam telinga
  • - Bersihkan dan periksa telinga secara teratur ke dokter THT
  • - Gunakan perhiasan yang aman untuk kulit alergi
  • - Saat telinga mulai terasa nyeri, atau untuk berjaga-jaga, sebaiknya siapkan obat sakit telinga di apotik dalam kotak P3K di rumah sekian dari kami www.obatapotik.com semoga membantu.
Loading...
Previous Post
Next Post