Harga Dan Fungsi Obat Tetes Telinga Vital, Otolin, Otopain Di Apotik

Loading...
Obat tetes telinga di apotik sering kali menjadi hal yang paling dicari ketika seseorang mengalami gangguan pada indera pendengarnya dari mulai skala ringan seperti gatal-gatal hingga skala sedang (belum sampai mengalami ketulian). Hal ini tentu saja sangat wajar mengingat betapa vitalnya fungsi telinga dalam hidup kita sebagai salah satu dari lima indera paling utama serta sebagai penjaga keseimbangan tubuh.

Dewasa ini, berbagai jenis obat tetes telinga dijual di aoptik dengan harga yang variatif dan tentu saja menjanjikan fungsi yang baik pula. Namun tahukah Anda bahwa tidak semua obat yang melabeli dirinya sebagai obat yang aman ini benar-benar aman untuk digunakan mengobati telinga kita? Ada kalanya telinga yang mengalami gangguan memang sebaiknya diperiksakan kepada yang lebih ahli di bidangnya yakni dokter spesialis THT.

Mengatahu tentang Telinga Serta Harga Dan Fungsi Obat Tetes Telinga Vital, Otolin, Otopain Di Apotik

Nah, berikut ini ada beberapa rincian tentang apa saja gangguan yang terjadi pada telinga dan kapan sebaiknya segera memeriksakannya ke dokter serta beberapa obat tetes telinga yang dipercaya aman sebagai pengobatan awal gangguan ringan pada telinga kita.

Harga Dan Fungsi Obat Tetes Telinga Vital, Otolin, Otopain Di Apotik

Gangguan pada Telinga dan Nama Obat Tetes Telinga di Apotik yang Aman


Berbagai macam gangguan pada telinga bisa terjadi mulai dari rasa nyeri dan gatal pada lubang telinga, telinga berdenging, keluarnya cairan dari telinga hingga pendengaran yang terasa kurang bahkan tiba-tiba mengalami ketulian. Hal ini sebenarnya penyabab awalnya cenderung sama (kecuali bagi yang mengalami ketulian sejak lahir) yaitu virus atau bakteri yang menjangkiti telinga baik bagian dalam, tengah, maupun luar. Dan hal ini tidak bisa disikapi sembarangan terlebih lagi untuk obat tetes telinga, karena telinga memiliki peranan sangat penting bagi tubuh.

Selain dari bakteri yang menjangkiti telinga sendiri, gangguan yang terjadi pada telinga pun bisa disebabkan oleh bakteri yang ditimbulkan oleh saluran lain yang berhubungan dengan telinga yakni hidung dan tenggorokan. Pada penderita flu, misalnya, sering terjadi pula gangguan telinga berupa rasa gatal hingga nyeri. Hal ini diakibatkan tersumbatnya saluran antara telinga, hidung dan tenggorokan atau yang biasa disebut THT. Hal ini juga mengakibatkan bakteri dari penyakit flu lebih mudah menyebar ke telinga. Oleh karena itu kadang kala untuk mengobati gangguan pada telinga tidak selalu dengan obat tetes telinga melainkan dengan mengobati penyakit penyebab terganggunya telinga tersebut.

Adapun obat tetes telinga alami pada kasus telinga terganggu disebabkan flu tersebut bisa dengan menggunakan alternatif obat herbal berupa seduhan air kencur dan jeruk nipis disertai gula yang kemudian diminum dalam dosis dua kali sehari selama dalam masa pengobatan. Selain meredakan gejala flu dan saluran THT tersumbat, seduhan berbahan alami yang cukup terasa enak ini juga cepat mengatasi rasa gatal pada telinga karena bakteri flu.

Lain lagi jika pengobatan dilakukan kepada penderita gangguan telinga ringan yang disebabkan karena infeksi pada telinga, maka penderita disarankan untuk meminum air jus bawang bombai atau jus mangga guna merasakan rasa dan aroma yang lebih nikmat. Siapa yang tahu minuman ini ternyata besar khasiatnya untuk mengatasi gangguan telinga ringan tanpa obat tetes telinga.

Obat Tetes Telinga yang Aman di Apotek


A. Vital Ear Oil
Salah satu obat tetes telinga yang disebut-sebut paling aman adalah Vital ear oli. Vital ear oil ini bersifat anti septik yang dapat membantu membersihkan telinga. Karena sifatnya anti septik, maka cairan anti septiknya sebagai bahan dasarnya sangat baik untuk kesehatan telinga. Selain itu akibat lainnya dari penggunaan Vital ear oil di antaranya adalah : melancarkan peredaran darah pada telinga dan dapat mengurangi rasa sakit sebagai akibat dari peradangan pada bagian dalam telinga. Meskipun demikian, sebagaimana obat telinga lainnya, penggunaan Vital ear oil untuk pengobatan tetap tidak boleh dilakukan jangka panjang, bahkan tidak untuk lebih dari 10 hari. Harga vital ear oil di apotek termasuk terjangkau, mulai dari 15.000-an.


B. Otolin
Komposisi dasar Otolin adalah kombinasi dari zat-zat yang sangat efektif untuk pengobatan pelbagai macam gangguan telinga semacam Otitis eksternal akut yang penyebabnya adalah bakteri. Pemakaian obat ini hanya boleh dilakukan selama 10 hari, karena resiko terkena ototoksisitas jadi lebih besar jika digunakan dalam jangka panjang. Adapun cara pemakaian Otopain adalah dengan diteteskan ke dalam lubang telinga 2-4 kali dalam sehari sebanyak 4 - 5 tetes atau tergantung dari kondisi gangguan atau penyakit telinga yang diderita. Harga Otolin di apotek berada di kisaran Rp 25.000-an.

C. Otopain

Obat tetes telinga terakhir yang disarankan adalah OTOPAIN. Obat ini adalah kombinasi zat-zat yang efektif yang berfungsi meringankan dan mengobati berbagai macam penyakit pada telinga.
Polymyxin B sulfate dan Neomycin sulfate merupakan antibiotika dengan spektrum luas, aktif terhadap berbagai macam microorganisme: Pseudomonasaeruginosa, Staphylococus aureus, Eschericia coli, Klebsiella, Enterobacter sp., Neisseria sp.

Fludrocortisone acetate berkhasiat mengatasi radang atau yang biasa disebut sebagai antiradang, antialergi, dan antipruritis. Lidocaine hydrochloride merupakan anestesi lokal yang efektif untuk mengurangi rasa sakit pada infeksi telinga.

1. Komposisi Otopain

Tiap ml mengandung:

Polymyxin B sulfate 10000 UI
Neomycin sulfate 5 mg
Fludrocortisone acetate 1 mg
Lidocaine HCL 40 mg

2. Indikasi Otopain
Otitis eksternal akut dan kronis disebabkan oleh bakteri yang peka terhadap Polymyxin dan Neomycin sulfate serta bila efek antiinflamasi dari kartikosteroid dan efek anestesi lokal diperlukan.

3. Kontra Indikasi Otopain
- Penderita-penderita yang hipersensitif terhadap salah satu komponen dalam obat ini.
- Diduga atau diketahui adanya gangguan pada kanal bagian eksternal auditory yang disebabkan oleh infeksi viral cutaneous (sebagai contoh: virus Herpes simpleks atau virus Varicella-zoster).

4. Efek Samping Otopain
Rasa terbakar, gatal, iritasi, kering, folikulitis, hipertrichosis, muncul seperti jerawat, hipopigmentasi, dermatitis peroral, alergi kontak dermatitis, maserasi pada kulit, infeksi sekunder, atropi kulit, stria dan malaria. Baca juga: Kumpulan Nama Obat Telinga Berair Di Apotik Paling Ampuh Terbaru.

5. Peringatan Bagi Pengguna Otopain
Selain komposisi isi, maka jelas kita harus memerhatikan beberapa ketentuan lainnya yang harus dilaksanakan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Hal-hal tersebut adalah:

a. Penggunaan obat ini tidak boleh lebih dari 10 hari karena resiko ototoksisitas lebih besar pada penggunaan jangka panjang. Penderita dalam pengobatan dengan tetes telinga yang mengandung Neomycin harus di bawah pengawasan dokter
b. Tidak disarankan digunakan pada penderita dengan perforasi membran tympani karena sifat asam dari obat akan menimbulkan rasa menyengat hingga terbakar
c. Otopain dapat menyebabkan berbagai reaksi alergi, termasuk gejala-gejala anafilaksis yang berbahaya bagi jiwa
d. Penggunaan jangka panjang justru dapat memancing pertumbuhan berlebihan dari jamur di telinga.

6. Harga
Harga Otopain di apotik dibandrol mulai dari Rp 26.000 hingga Rp 30.000-an.

Meskipun menggunakan obat tetes telinga untuk mengeluarkan kotoran cenderung aman, namun pemakaian obat tetes telinga di atas tetaplah lebih disarankan jika di bawah pengawasan dokter sekian dari kami www.obatapotik.com jangan lupa jika ingin tau indikasi obat-obatan apotik dan antibiotic langsung kunjungi kami ya.
Loading...
Previous Post
Next Post