Dosis Dan Efek Samping Serta Fungsi Medixon 4 Mg, 8 Mg, Dan 16 Mg Obat Buat Apa?

Loading...
Loading...
Manfaat Medixon buat obat apa saja?- kesehatan tubuh adalah hal yang paling penting untuk dijaga. Namun menjaga kesehatan tubuh bukan hal yang mudah. Resiko yang diterima jika anda tidak menjaga ksehatan dapat menyebabkan masalah pada tubuh anda. Masalah yang ada pada tubuh sekalipun dari penyakit yang ringan harus mendapatkan penanganan yang tepat sebab penyakit yang ringan juga dapat memberikan rasa tidak nyaman pada anda dalam menjalankan beberapa aktivitas sehari – hari. Misalnya saja jika anda terserang sakit linu, maka aktivitas anda yang biasanya digunakan untuk menggerakkan tubuh dapat terganggu sebab rasa sakit yang diterima.

Dosis Dan Efek Samping Serta Fungsi Medixon 4 Mg, 8 Mg, Dan 16 Mg Obat Buat Apa?

Sebelum membahas aturan pakai Medixon 8 mg atau yang 4 makas kita bahas dulu sedikit apa itu Medixon?

Dosis Dan Efek Samping Serta Fungsi Medixon 4 Mg, 8 Mg, Dan 16 Mg Obat Buat Apa?

Tentang obat Medixon 4 Mg, 8 Mg, Dan 16 Mg

Banyak obat yang bisa didapatkan dari apotik untuk mengobati masalah pada kesehatan tubuh yang ringan. Salah satunya adalah Medixon, obat ini merupakan salah satu merk obat yang memilki kandungan bahan aktif methylprednisolone dan dapat digunakan untuk mengatasi juga meringankan radang sendi dan rematik, kemudian pada gatal – gatal seperti biduran, asma, penyakit kulit ekstrem, dan beberapa penyakit lainnya. Medixon memang terbaut dari beberapa bahan kimia yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah pada gangguan tubuh, sehingga Medixon dapat memberikan beberapa efek samping dan juga memiliki kontraindikasi penggunaan. Namun jika anda menggunakannya sesuai dengan aturan pakai maka tidak ada efek samping berbahaya yang akan diterima.

Obat Medixon ini termasuk obat dengan resep dokter, sekalipun di apotik terjual dengan mudahnya tetapi anda harus mendapatkan resep dokter untuk tahu dosis aman penggunaannya. Medixon dijual dalam bentuk tablet dengan takaran yang berbeda, ada yang Medixon 4 mg, kemudian Medixon 8 mg, dan Medixon 16 mg. Masing – masing memiliki kandungan methylprednisolone yang berbeda. Pada Medixon dosis 4 mg, memiliki kandungan methylprednisolone sebanyak 4 mg. Sedangkan untuk Medixon ukuran 8 mg memiliki kandungan methylprednisolone sebanyak 8 mg, dan yang terakhir Medixon ukuran 16 mg memiliki kandungan methylprednisolone sebanyak 16 mg pada setiap tabletnya.

Methylprednisolone sendiri merupakan kandungan turunan dari prednisone yang masih digolongkan sebagai hormone kortisol semisintetik, dimana secara alami memang ada pada tubuh setiap manusia. Methylprednisolone sendiri memiliki peran untuk mengurangi respon pada peradangan, alergi, dan juga digunakan untuk menekan system imun sehingga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh kondisi tersebut. Dengan begitu Medixon dapat digunakan untuk megnatasi reaksi dari alergi dan juga penyakit autoimun yang merugikan. Sebagai terapi simtomatik kasus – kasus peradangan memang depat menyebabkan kemerahan, bengkak, kekakuan, dan juga penuruanan dari fungsi pada bagian tubuh yang dilibatkan.

Indikasi dan kontraindikasi dari obat Medixon 4 Mg, 8 Mg, Dan 16 Mg

Setiap obat yang terbuat dari bahan kimia pasti memiliki beberapa indikasi dan juga kontraindikasi. Indikasi sendiri merupakan kondisi dimana pasien tersebut dapat menggunakan obat Medixon. Sedangkan kontraindikasi dimana pasien tidak dapat menggunakan Medixon untuk menyembuhkan karena beberapa keadaan yang kurang baik pada tubuh.

Indikasi Medixon 8 Mg, 4 Mg, Dan 16 Mg

Indikasi dari Medixon dapat digunakan untuk mengobati asma bronchial, kemudian dapat digunakan untuk rhinitis alergi atau yang sering disebut juga dengan bersin – bersin akibat alergi. Tidak hanya itu tetapi juga dapat digunakan untuk mengatasi urtikaria atau yang sering disebut juga dengan biduran dan gatal – gatal pada kulit, digunakan untuk mengatasi dermatitis kontak alergi atau digunakan untuk mengatasi dermatitis kontak iritan. Medixon digunakan untuk mengatasi penyakit kulit lainnya yang disebabkan oleh infeksi. Kemudian digunakan untuk rematik fever, radang sendi rematik, penyakit lupus, anemia hemolitik dapatan, ginjal bocor, mieloblastosis, limfogranulomatosis. Selain itu, dapat juga digunakan untuk obat pendamping setelah transplantasi organ yang digunakan untuk menekan respon mun penolakan organ baru. Digunakan untuk mengobati sitostatika, dan digunakan juga untuk mengganti hormone pada penderita insufiseinsi adrenal serta sering dijadikan medixon untuk obat radang tenggorokan.

Kontraindikasi Medixon 16 Mg, 4 Mg, dan 8 Mg

Sedangkan kontraindikasi yang dimiliki dari obat Medixon ini tidak akan dapat digunakan pada beberapa keadaan pasien. Berikut ini beberapa kontraindikasi yang dimiliki oleh Medixon:
  1. Tidak dapat digunakan pada pasien yang memiliki riwayat hipersensitif atau alergi pada metilprednisolone atau glukortikoid lainnya.
  2. Kemduian tidak dapat digunakan untuk seseorang yang memiliki alergi pada beberapa komponen lain dari obat.
  3. Tidak dapat juga digunakan untuk pasien yang memilki penyakit tukak lambung, osteoporosis, gangguan kejiwaan, glaucoma dengan sudut tertutup ataupu sudut terbuka. Tidak dapat digunakan untuk penyakit infeksi seperti amebiasis, mikosis sistemik, dan juga infeksi virus.
  4. Bagi ibu hamil dan menyusui sebaiknya tidak menggunakan obat ini, namun jika sangat dibutuhkan ada baiknya menggunakannya sesuai dengan resep dokter atau berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, agar tidak ada efek samping berbahaya yang menimpa ibu an janin.

Dosis dan cara penggunaan dari obat Medixon

Penggunaan dosis menjadi hal yang sangat penting dan butuh untuk diperhatikan, gunakanlah dosis yang terendah agar tidak ada efek samping berat yang menimpa anda. Sebenarnya Medixon adalah obat resep dokter yang menggunakannya harus sesuai dengan resep dari dokter, namun jika anda sangat membutuhkan obat ini maka anda dapat menggunakannya dengan dosis yang paling rendah. Ada dua dosis yang dapat digunakan untuk obat Medixon, pertama anda dapat menggunakan dosis awal atau dosis tingg yang digunakan ketika baru memulai pengobatan. Kemudian ada dosis pemeliharaan atau dosis awal akan diturunkan secara perlahan hingga mencapai dosis terendah yang masih memberikan efek terapi pada pasien.
Dosis obat Medixon untuk orang dewasa dengan dosis awal dapat menggunakan 4 – 48 mg dalam satu hari dan terbagi menjadi satu atau dua dosis sekaligus dalam satu hari. Sedangkan untuk dosis pemeliharaan digunakan 4 – 8 mg dalam satu hari dengan pemabgian dosis yang sama seperti dosis awalan, pada satu kali minum atau dua kali sehari. Sedangkan dosis yang digunakan untuk anak – anak, dosis awalan 0.8 – 1.1 mg/kg berat badan. Kemudian dosis pemeliharan 2 – 4 mg/ hari dan ditingkatkan hingga 8 mg/hari. Jangan memberikan pada anak dibawah umur 6 tahun. Obat ini sebaiknya diminum setelah makan dengan menggunakan air putih agar tidak ada efek samping pada saluran penceranaan. Baca lagi artikel review obat apotik lainnya: Harga Dan Fungsi Vitamin Neurobion Forte,Injeksi, Biru Dan Pink.

Efek samping dari obat Medixon 4 Mg, 8 Mg, Dan 16

Efek samping terjadi ketika anda menggunakannya dengan dosis yang besar dan dalam jangka waktu yang lama. Atau menggunakannya tidak sesuai dengan aturan pakai yang diharapkan. Berikut ini efek samping yang dapat menimpa pasien dengan obat Medixon:
  1. Terjadi penumpukan lemak pada wajah, sehingga terlihat lebih bulat.
  2. Terjadinya obesitas sentral, atau gemuk yang tidak merata.
  3. Terjadi darah tinggi.
  4. Otot menjad lebih kecil dan juga lebih lemah, terutama pada tangan dan kaki.
  5. Terjadi pengeroposan pada tulang.
  6. Adanya gangguan toleransi glukosa darah.
  7. Dapat memperarah diabetes mellitus
  8. Vertigo, peningkatakn tekanan intra cranial, dan beberapa efek samping lainnya.

Harga medixon di apotik

  • Harga harga obat medixon 4 mg di apotik sekitar 26.000,00 per 10 tablet .
  • Harga harga obat medixon 8 mg di apotek sekitar 3.700,00 per table jika ingin sepuluh tablet jadi sekitar 37.000,00
  • Harga harga obat medixon 16 mg dijual di apotik dengan harga 65.000,00 pert 10 tablet.

Itulah beberapa informasi tentang Medixon dari www.obatapotik.com . Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait