Harga Dan Dosis Obat Acyclovir Table Dan Cream Untuk Cacar Air

Loading...
Loading...

Obat Acyclovir Obat apa?- Cacar air merupakan salah satu penyakit kulit yang secara medis disebut juga dengan varisela dan biasanya diderita oleh anak – anak di bawah usia 10 tahun. Namun bukan berarti penyakit ini tidak bisa menyerang orang dewasa sebab penyakit ini juga dapat menyerang orang dewasa namun sangat jarang terjadi.

Jika seseorang sudah pernah merasakan cacar air maka ia tidak bisa untuk tertular lagi. Nah, ketika anak anda atau anda sendiri terkena cacar air maka anda bisa menggunakan obat Acyclovir yang juga bisa digunakan untuk mengatasi cacar air. Obat ini dibagi menjadi dua macam ada yang oral dan juga ada yang topical.

Obat Acyclovir

A. Tentang Acyclovir Tablet Untuk Membantu Mengatasi Cacar Air

Cacar air sendiri dikarenakan sebuah virus yang menyerang, selanjutnya anda bisa mencoba untuk menggunakan Acyclovir tablet yang merupakan obat antivirus dan dapat digunakan untuk mengatasi infeksi virus seperti varisela zoster dan juga herpes simpleks. Untuk varisela zoster merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang memunculkan cacar air.

Memang obat Acyclovir tablet tidak dapat digunakan untuk menghilangkan virus sepenuhnya dari tubuh, namun obat ini dapat digunakan untuk mencegah penyebaran dan juga perkembangan infeksi virus tersebut. Tidak hanya itu, obat ini juga dapat digunakan untuk mencegah adanya infeksi yang disebabkan oleh virus. Obat ini termasuk obat resep, jadi untuk menggunakannya ada baiknya dengan resep dokter. Obat ini juga dapat digunakan untuk anak – anak dan orang dewasa.

Peringatan Obat Acyclovir Tablet

Karena memang terbuat dari bahan kimia, beberapa obat akan memiliki peringatan dalam penggunaannya. Sama seperti Acyclovir tablet yang juga memiliki beberapa beberapa peringatan dan harus diperhatikan; obat ini jika digunakan untuk wanita hamil, wanita menyusui, dan wanita yang berencana memiliki anak maka harus digunakan sesuai dengan perintah dari dokter. Tanyakan juga dosis untuk penggunaan Acyclovir tablet pada ana- anak.
Ketika sedang dalam penggunaan obat ini maka sebaiknya anda memperbanyak minum air agar tidak dehidrasi. Karena memang obat tidak dapat digunakan untuk menghambat herpes genital maka sebaiknya anda menghindari hubungan sesksual sampai infeksi benar – benar sembuh. Jika selama penggunakan obat ini anda memiliki alergi yang muncul atau overdosis maka anda sebaiknya hubungi dokter terdekat agar mendapatkan penanganan.

Dosis Obat Acyclovir Tablet

Dosis dan aturan pakai yang digunakan untuk Acyclovir memang harus sesuai dengan resep dokter sebab obat ini termasuk resep dokter. Namun anda juga bisa menggunakan obat ini sesuai dengan sesuai dengan dosis umum pada orang dewasa biasanya digunakan dosis antara 600 – 1000 mg per hari. Sedangkan dosis yang digunakan untuk anak – anak harus sesuai dengan resep dari dokter. Jangan menggunakan obat ini secara sembarangan, dan gunakan selepas makan agar tidak menimbulkan efek samping pada saluran pencernaan.

Efek samping Obat Acyclovir tablet

Setiap obat yang terbuat dari bahan kimia pasti memiliki efek samping, hanya saja efek samping yang diberikan berbeda sebab reaksi tubuh seseorang juga berbeda terhadap kandungan obat. Obat ini bisa menyebabkan efek samping berupa; kulit akan lebih sensitive terhadap caahaya matahari, mungkin anda juga bisa menggunakan tabir surya. Obat ini dapat menyebabkan diare, sakit perut, kemudian mual, terasa kembung, sakit kepala menyerang, demam, ruam yang tiba – tiba enjadi gatal, merasa sangat lelah, dan sering mengantuk.
Jika selama penggunaan obat ini ada efek samping yang berkepanjangan maka sebaiknya anda lekas menghubungi dokter yang terdekat untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.

Harga Acyclovir Tablet

Harga yang dibandrol untuk Acyclovir tablet ini sangat beragamm. Untuk Acyclovir tablet 200 mg dengan isi 100 tablet maka harganya sekitar Rp. 40.000. Sedangkan untuk tablet 400 mg dengan sisi 100 tablet harganya sekitar Rp. 80.000. Dan untuk tablet 800 mg dengna isi 100 tablet sekitar Rp. 150.000. Baca lagi artikel review obat apotik lainnya: Merk Obat Hipertensi Resep Dokter Di Usia Muda Yang Bagus.

B. Tentang Salep Acyclovir Cream Untuk Obat Cacar Air

Selain menggunakan Acyclovir tablet, anda juga bisa menggunakan Acylovir cream atau salep. Sama seperti Acyclovir tablet obat ini juga sangat mudah ditemukan di apotik – apotik yang terdekat. Acyclovir topika digunakan untuk bisa mengobati luka yang melepuh kareana virus yang menyerang.
Obat ini dapat digunakan untuk memperlambat perumbuhan virus dan membantu untuk lebih efektif melawan virus. Acyclovir juga dapat membantu untuk penyembuhan luka. Tetapi obat ini tidak dapat digunakan untuk mencegah dan menyembuhkan virus yang menyerabar, hanya menghambat perkembangan saja. Termasuk dalam jenis obat dengan golongan antivirus, kemudian masuk juga dalam obat resep, dan dapat digunakan untuk dewasa dan juga anak – anak.

Manfaat Obat Acyclovir Cream

Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi infeksi virus yang menyerang kulit secara perlahan. Menggunakan obat Acyclovir sangat bermanfaat untuk mengatasi penyebaran virus.

Peringatan Obat Acyclovir cream

Sama seperti obat yang terbuat dari bahan kimia lainnya, obat ini juga memiliki peringatan penggunaan. Acyclovir cream ini tidak boleh terkena mata, hidung, dan juga mulut. Jika memang sudah terlanjur terkena bagian tersebut maka anda bisa membasuh dengan menggunakan air sampai bersih. Gunakan hanya pada bagian luar kulit. Sebelum menggunakan obat ini pastikan anda membersihkan tangan dengan rutin ke bagian tubuh yang terinfeksi agar tidak menularkan ke orang lain atau ke bagian tubuh yang lainnya. Untuk wanita hamil, menyusui, dan wanita yang berniat memiliki anak sebaiknya tidak menggunakan obat ini, atau bisa menggunakan asalakan sesuai dengan resep dari dokter.
Obat ini tidak dapat digunakan untuk menghambat penyebaran herpes genital jadi anda bisa menghindari hubungan seksual sampai infeksi benar – benar disembuhkan. Ketika menggunakan obat ini dalam satu minuggu kemudian tidak kembali maka anda bsia segera menemui dokter untuk mendapatkan penanganan. Jika ada reaksi alergi atau overdosis ketika menggunakan Acyclovir cream ini maka anda bisa segera menemui dokter.

Dosis Obat Acyclovir Cream

Dosis yang digunakan harap sesuai dengan resep dari dokter. Jika anda ingin menggunakan tanpa resep dokter maka hanya dapt digunakan pada orang dewasa dengan menggunakan dosis yang umum. Anda bisa menggunakan obat Acyclovir cream ini sekitar 4 – 7 kali olesan dalam satu hari. Dan gunakan selama 4 – 10 hari. Untuk dosis anak – anak maka anda bisa berkonsultasi dengan dokter secara langsung.

Efek samping Obat Acyclovir Cream

Obat ini termasuk dalam kategori obat yang memiliki efek samping, namun efek samping yang diterima memang jarang terjadi. Obat ini akan memberikan efek samping jika penggunaannya tidak sesuai dengan aturan pakai. Obat ini dapat menyebabkan kulit kering, kemudian kulit menjadi mengeluppas, dan terasa gatal – gatal. Jika ada efek samping berbahaya dari obat Acyclovir cream ini maka anda bisa segera menghubungi dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan.

Itulah beberapa informasi yang apat diberikan www.obatapotik.com tenyang seputar Acyclovir. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait