Harga Dan Aturan Minum Obat Captopril Diminum Sebelum Makan Dan Efek Jangka Panjang

Loading...
loading...
Obat Darah Tinggi Captopril - darah tinggi atau yang disebut juga dengan penyakit hipertensi merupakan salah satu penyakit yang sering sekali ditemui di Indonesia. Penyakit ini bisa dikatakan menjadi bagian dari beberapa penyakit yang kronis.

Darah tinggi sendiri merupakan sebuah kondisi kronis di mana adanya tekanan darah pada dinding arteri atau pembuluh darah bersih yang meningkat. Kondisi ini tidak jarang disebut dengan ‘pembunuh diam – diam’ sebab jarang memberikan gejala yang sangat jelas. Penderita dari penyakit darah tinggi ini biasanya para orang tua, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa yang muda juga bisa terserang penyakit hipertensi atau darah tinggi.

Ada beberapa jenis obat yang dapat digunakan untuk mengatasi darah tinggi, salah satunya adalah Captopril.

Harga Dan Aturan Minum Obat Captopril Diminum Sebelum Makan Dan Efek Jangka Panjang

Tentang Obat Captopril

Obat Captopril bisa anda temukan dengan mudah di apotik sebagai salah satu obat yang digunakan untuk mengatasi darah tinggi. Captopril sudah banyak digunakan pada pasien yang memiliki masalah dengan penyakit darah tinggi. Obat ini juga sering diresepkan oleh dokter ketika sedang memeriksakan tekanan darah di rumah sakit. Captopril merupakan salah satu contoh dari obat darah tinggi dengan golongan ACE inhibitor dan bekerja dengan cara mengikat dan juga menghambat angiotensin-converting enzyme. Hal ini berguna untuk mencegah adanya konversi angiotensin I menjadi angiotensin II. Dengan begitu tekanan darah akan menurun.

Angiotensin I merupakan sebuah peptide kecil yang memiliki isi hanya sekitar sepuluh asam amino. Dua asam amino yang lainnya kemudian dihapus oleh angiotensin-converting enzyme untuk dihasilkan menjadi angiontensin II. Hormon inilah yang menyebabkan otot – otot disekitar pembuluh darha menjadi berkontraksi sangat kuat dan sebagainya diakibatkan menjadi tekanan darah. Proses inilah yang akan dicegah oleh Captopril atau ACE Inhibitor.

Manfaat Dari Obat Captopril

Setiap obat memiliki beberapa manfaat sesuai dengan kandungan yang dimiliki. Begitu juga dengan obat Captopril yang memiliki beberapa manfaat seperti berikut:
  • Obat ini dapat digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi.
  • Obat ini dapat digunakan untuk membantu mencegah adanya gejala stroke.
  • Obat ini dapat digunakan untuk mengurangi adanya resiko serangan jantung.
  • Obat ini dapat digunakan untuk melindungi ginjal dari bahanya efek samping diabetes.
  • Obat ini dapat digunakan untuk meningkatkan kelangsungan hidup setelah serangan jantung.
Biasanya obat ini digunakan dengan kombinasi obat darah tinggi lainnya, misalnya saja seperti kombinasi dengan diuretic. Dokter mungkin akan memberikan saran untuk digunakan pada beberapa penyakit lainnya, namun hal tersebut pasti juga melewati beberapa pemeriksaan terlebih dahulu. Jangan menggunakan obat ini untuk mengobati beberapa penyakit lainnya.

Kontraindikasi Obat Captopril

Setiap obat yang terbuat dari bahan kimia, kebanyakan akan memberikan kontraindikasi. Kontraindikasi sendiri merupakan suatu kondisi dimana pasien tidak dapat menggunakan obat Captopril. Berikut ini kontraindikasi dari obat Captopril; tidak dapat digunakan untuk pasien yang memiliki riwayat alergi terhadap kandungan obat ACE inhibitor lainnya.
Kontraindikasi merupakan salah satu bagian dari aturan obat yang penting untuk diperhatikan sebab jika pasien asal menggunakan obat tanpa tahu kondisi tubuhnya maka bisa memberikan efek samping yang kurang baik untuk kesehatn tubuhnya. Pastikan menggunakan obat Captopril sesuai dengan anjuran dari dokter.

Dosis Untuk Obat Captopril Dan Cara Untuk Penggunaannya

Dosis dan cara penggunaan dari obat kimia adalah hal yang juga penting untuk diketahui. Menggunakan Captopril sebaiknya anda menggunakan dosis dari dokter, sebab obat ini memang digunakan sebagai obat resep yang harus digunakan melalui pemeriksaan dari dokter. Namun, pada dasarnya obat ini juga memiliki dosis umum yang digunakan oleh pasien.
Obat Captopril sebaiknya diminum ketika perut sedang kosong, minimal 1 jam sebelum jam maka anda. Gunakan obat ini sekitar 2 – 3 kali dalam satu hari, kemudian bagaimana dengan dosisnya? Tentu saja dosis yang digunakan juga harus sesuai dengan kondisi medis anda.
Obat Captopril hadir dalam bentuk tablet dengan takaran dosis 12,5 mg, kemudian ada 25 mg, dan juga 50 mg, ada yang generic dan ada juga yang bermerk. Nah, untuk itu anda harus menggunakan sesuai dengan kebutuhan anda dosisnya caranya dengan meminta resep dari dokter.
Untuk aturan minum captopril 25 mg dan mendapatkan hasil yang maksimal maka anda harus menggunakan obat ini secara maksimal juga. Agar anda tidak menjadi lupa, maka minumlah obat ini secara teratur pada waktu yang sama setiap harinya. Terus gunakan obat ini sekalipun tekanan pada darah menjadi mulai turun dan kondisi menjadi lebih baik.
Untuk membantu menurunkan darah tinggi maka anda harus menggunakan obat ini sekitar 2 minggu agar mendapatkan efek yang optimal. Sedangkan untuk pengobatan pada gagal jantung akan dibutuhkan waktu sampai beberapa minggu. Segera konsultasikan dengan dokter jika anda mengalami tanda – tanda yang kurang baik.

Efek Samping Dari Obat Captopril

Efek samping yang dihasilkan oleh obat Captopril memang tidak semua orang yang mengalami. Sebab setiap orang memiliki reaksi obat yang berbeda. Efek samping yang diberikan memang jarang terjadi, namun tetap saja kemungkinan untuk terserang efek samping itu ada. Ada dua jenis efek samping, ada yang sedang ada juga yang parah. Berikut ini beberapa efek samping yang sedang dari obat Captopril:
  • Bisa menyebabkan batuk
  • Bisa menyebabkan diare
  • Bisa menyebabkan sakit pada kepala
  • Bisa menyebabkan mati rasa pada beberapa bagian tubuh.
  • Bisa menyebabkan mual.
  • Bisa menyebabkan kelelahan yang tidak biasa.
Efek samping yang biasa bisa ditangani dengan mudah. Periksakan ke dokter jika ada efek samping berikut yang menyerang:
  • Sakit perut dan perut kembung.
  • Sakit pada dada.
  • Pusing, kemudian seperti kunang – kunang dan pingsan.
  • Adanya demam, mual, dan juga muntah.
  • Nyeri pada sendi.
  • Dan ruam pada kulit.
  • Tanda – tanda tingginya kadar kalium dan menjadi efek samping Captopril:
  • Mengalami kebingungan.
  • Denyut jantung menjadi tidak teratur.
  • Merasa gugup.
  • Mati rasa atau kesemutan pada tangan, kaki, dan bibir.
  • Sesak nafas.
  • Kelemahan atau berat pada bagian kaki.
Jika ada efek samping yang berbahaya segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Baca lagi artikel review obat apotik lainnya: Kegunaan, Harga, Dosis Obat Allopurinol Per Hari Dan Efek Sampingnya.

Perhatian Obat Captopril

Ada beberapa informasi perhatian pada obat Captopril:
  • Sebelum diresepkan obat Captopril, ada baiknya jika anda memberitahukan tentang riwayat keadaan tubuh anda atau penyakit yang anda miliki.
  • Untuk wanita hamil tidak dapat menggunakan obat ACE inhibitor, dan sering berkonsultasi dengan dokter.
  • Untuk wanita keci, ada 1% dari obat Captopril akan diteruskan pada bayi melalui ASI. Namun untuk menyatakan bahaya atau tidaknya, anda harus berkonsultasi dengan dokter anda.

Harga Obat Captopril di apotik

Harga yang dibandro sekitar Rp. 5.500 rupiah, namun tergantung pada apotik masing – masing untuk harga yang dipastikan.

Itulah beberapa informasi yang dapat diberikan oleh www.obatapotik.com seputar obat Captopril untuk mengatasi darah tinggi. Semoga bermanfaat.
Loading...
Previous Post
Next Post