Kamis, 08 Juni 2017

Harga, Dosis Dan Kegunaan Obat Cimetidine Untuk Apa Saja

Funsgi Obat Cimetidine untuk apa?- Penyakit asam lambung merupakan salah satu kondisi yang ditandai dengan adanya nyeri pada ulu hati, kemudian ada rasa sensasi terbakar di dada akibat dari naiknya asam lambung yang menuju ke esophagus. Esofagus sendiri merupakan bagian dari kerongokongan dan bagian luar dari saluran perncernaan yang menghubungkan mulut ke lambung.

Penyakit ini sering sekali dialami oleh masyarakat Indonesia. Ada beberapa penyebab dari datangnya penyakit ini, namun secara pasti penyakit asam lambung ini dikarenakan oleh lower esophageal spphinchter atau yang disebut juga dengan LES. Tetapi penyakit asam lambung ini juga sudah bisa diobati, ada beberapa obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan asam lambung, salah satunya adalah Cimetidine.


Harga, Dosis Dan Kegunaan Obat Cimetidine Untuk Apa Saja

Tentang Obat Cimetidene

Cimetidine adalah obat yang dapat digunakan untuk menangani beberapa kondisi akibat dari produksi asam lambung yang berlebihan. Asam yang diproduksi secara alami oleh sel – sel di dalam lapisan lambung yang sangat penting untuk proses dari pencernaan. Namun, jika jumlah asam yang diproduksi terlalu banyak maka akan berdampak buruk untuk kesehatan. Obat Cimetidine termasuk dalam golongan histamine H2- receptor antagonist dan masuk dalam kategori obat resep dimana untuk menggunakannya anda harus menggunakan obat dari dokter. Obat ini mudah ditemui di apoik terdekat namun tetap saja untuk menggunakannya harus sesuai dengan resep dokter agar lebih aman lagi.

Manfaat Dari Obat Cimetidine

Indikasi Obat Cimetidine memiliki beberapa manfaat yang bisa didapatkan, berikut ini beberapa manfaatnya:
Obat ini dapat digunakan untuk mengobati ulkus perut dan juga usus. Dapat digunakan juga untuk mencegah penyakit kambuh yang sudah sembuh.
  1. Obat ini dapat digunakan untuk mengobati masalah pada perut dan tenggorokan tertentu sebab masih banyak asam pada perut.
  2. Obat ini dapat digunakan untuk mengurangi asam perut tambahan dan dapat meredakan sakit perut, nyeri ulu hati, sulit menelan, batuk secara terus – menerus, dan juga sulit untuk tidur.
  3. Dan obat ini juga bisa digunakan untuk mencegah dampak asam serius pada system penceranaan.

Perhatian Dari Obat Cimetidine

Selain memiliki manfaat, obat ini juga memiliki beberapa peringatan yang harus diketahui pasien agar tetap aman ketika menggunakan obat Cimetidine. Berikut ini beberapa Kontraindikasi dari obat Cimetidine;
  1. Obat ini tidak dapat digunakan untuk wanita hamil dan juga menyusui. Namun jika sangat dibutuhkan anda dapat menggunakan sesuai dengan anjuran dari dokter.
  2. Untuk dosis yang digunakan pada anak – anak sebaiknya rundingkan dengan dokter.
  3. Untuk yang menderita gangguan pada ginjal dan pada hati sebaiknya lebih berhati – hati untuk menggunakan obat ini.
  4. Jika anda mengalami mual, kemudian adanya penurunan berat badan, atau pendarahan maka sebaiknya anda lebih waspada.
  5. Segera hentikan penggunaan dan juga segera bawa ke dokter jika anda memiliki alergi atau gejala overdosis.
Peringatan dari obat Cimetidine sangat penting untuk diperhatikan sebab jika tidak diperhatikan dengan bisa menyebabkan efek samping yang berbahaya.

Dosis penggunaan obat Cimetidine

Aturan pakai yang digunakan untuk obat Cimetidine harus sesuai dengan resep dokter memang. Namun dosis yang digunakan secara umum juga ada. Biasanya dokter akan memberikan resep sesuai dengan keadaan dan juga kondisi pasien yang sedang sakit. Berikut ini beberapa dosis yang biasa disesuaikan dengan jenis penyakit yang diderita:
  1. Dosis untuk ulkus usus 12 jari
    Pada ulkus 12 jari, anda bisa menggunakan pararental sebanyak 300 mg IV atau IM setap 6 – 8 jam. Untuk yang oral anda bisa menggunakan 800 – 1600 mg sekali sehari pada jam tidur. Ada pilihan lain, dosisnya menggunakan 300 mg 4 kali dalam sehari pada jam makan dan juga jam tidur. Ada anda bisa menggunakannya 400 mg 2 kali sehari pada pagi hari dan juga jam tidur. Hasil yang diberikan akan jauh lebih efektif.
  2. Untuk ulkus 12 jari prophylaxis
    Dosis yang dapat digunakan untuk ulkus 12 jari prophylaxis ini anda bisa menggunakan dosis oral sebanyak 400 mg sehari sebelum jam tidur.
  3. Cara manggunakan Cimetidine untuk esofagitis yang mengikis
    Gunakan oral sebanyak 800 mg 2 kali dalam sehari, atau anda bisa menggunakannya 400 mg dalam sehari. Maksimal penggunaan Cimetidine untuk penyakit ini hanya 1600 mg dalam sehari.
  4. Cara meminum Cimetidine untuk ulkus stress prophylaxis
    Gunakan dosis parerental 300 mg IV atau IM setiap 6 jam, atau dapat menggunakan infuse IV berkelanjutan dan diberikan sebanyak 50 mg/jam.
  5. Dosis untuk pendarahan atas GI
    Gunakan infuse IV hingga berkelanjutan 50 mg/jam dan diteruskan dengan pil IV dosis sebanyak 150 mg. Dosis harian maksimal tidak bisa melampau 2,4 gram.
  6. Dosis untuk sindrom zollinger – Ellison
    Dosis yang digunakan bisa dengan oral 300 mg 4 kali, sehari sesudah makan dan pada jam akan tidur. Dosis maksimal yang dapat digunakan 1200 mg.
  7. Dosis ulkus gastric
    Gunakan dosis oral 800 mg sekali sehari pada jam tidur, atau gunakan 400 mg dua kali dalam sehari.
  8. Dosis untuk refluks gastreophageal
    Gunakan dosis oral sebanyak 800 mg sekali sehari pada jam tidur, atau anda juga bisa menggunakan 400 mg untuk 4 kali sehari. Dosis maksimal sebanyak 1600 mg dalam satu hari.
  9. Dosis dyspepsia
    Digunakan secara oral tepat sebelum 30 menit sebelum atau sesudah makan. Maksimal satu hari dua kali dengan dosis 200 mg.
Beberapa dosis yang sudah ditentukan dari Cimetidine harus digunakan dengan baik dan sesuai.Baca lagi artikel review obat apotik lainnya: Harga, Indikasi, Dan Dosis Obat Ranitidin Tablet Diminum Sebelum Atau Sesudah Makan?.

Efek samping dari obat Cimetidine

Obat ini memiliki efek samping jiak penggunannya tidak sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh. Efek samping biasanya dibagi menjadi dua pilihan, ada yang efek samping umum dan juga ada yang efek samping serius. Berikut ini efek samping yang umum dan sering ditemui:
  • Obat ini dapat menyebabkan pusing, merasa depresi atau bisa juga mudah marah.
  • Dada menjadi bengkak dan kadang memberikan rasa nyeri, biasanya efek samping ini dialami oleh pria.
  • Nyeri sendi atau nyeri otot.
  • Munculnya ruam ringan.
  • Sakit kepala menyerang.
  • Gangguan penceranaan seperti; diare, mual, atau juga sembelit.
Anda tidak perlu merasa khawatir jika muncul efek samping yang ringan sebab tidak terlalu berbahaya. Tetapi jika anda mengalami efek samping yang berbahaya atau serius maka segera hentikan penggunaan. Berikut ini efek samping yang serius dari obat Cimetidine:
  • Dapat menyebabkan batuk, sesak, demam, dan sulit bernafas.
  • Dapat menyebabkan ruam merah dan kulit melepuh.
  • Dapat menyebabkan mata dan kuning menguning.
  • Tubuh jadi mudah memar atau mudah berdarah.
  • Merasa akan pingsan, pusing dan juga kebingungan.
  • Lebih jarang untuk buang air kecil.
  • Adanya ruam yang muncul.
Jika efek samping yang serius ini muncul segara bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Harga Obat Cimetidine Di Apotik

Adapun harga Cimetidine 200mg TAB untuk 100 Tablet Rp 22.500,-

Itulah beberapa informasi mengenai obat Cimetidine. Baca lagi di www.obatapotik.com beberapa obat apotik lainnya, Semoga bermanfaat.
Aksi 212 adalah kisah pilu dicuekin seorang pemerintah muslim, yuk kita dukung yang pro Islam biar ekonomi muslim sehat.
Previous Post
Next Post