Harga Dan Dosis Manfaat Obat Diclofenac Potassium 50 Mg Untuk Apa

Loading...
Loading...
Obat Diclofenac Potassium untuk apa?- Rasa nyeri bisa dikatakan sebagai rasa yang sering dirasakan oleh beberapa orang. Sebenarnya rasa sendiri merupakan sebuah sensasi yang tidak menyenangkan dan terjadi ketika seseorang mengalami cedera atau mengalami kerusakan pada tubuhnya. Nyeri sendiri dapat memberikan rasa sakit, panas, kesemutan, gemetar, terbakar, tertusuk, atau bahkan juga seperti ditikam. Jenis nyeri sendiri memang banyak ada, masing – masing biasanya dapat disebabkan penyebab yang berbeda. Ketika anda sedang mengalami nyeri maka anda bisa menggunakan beberapa obat yang dijual di apotik. Cukup banyak juga obat yang dijual di apotik terdekat, anda harus memiliki obat yang memang ampuh dan aman untuk digunakan.

Tentang Obat Diclofenac Potassium Sebagai Obat Rasa Nyeri

Diclofenac Potassium adalah salah satu jenis obat yang dapat digunakan untuk mengatasi rasa nyeri atau rasa sakit. Obat ini masuk dalam golngan OAINS atau obat anti – inflamasi non steroid. Termasuk juga dalam obat resep dan sering digunakan dokter untuk mengatasi rasa nyeri ringan sampai rasa nyeri yang sedang. Obat ini hanya digunakan untuk jangka pendek. Mengunakannya memang harus dengan resep dokter agar lebih aman dan tidak ada efek samping yang kurang baik. Rasa nyeri yang dapat di atasi oleh obat Diclofenac Potassium biasanya dikarenakan radang sendi, pengapuran tulang, sakit gigi, kram menstruasi, dan beberapa hal lainnya.

Harga Dan Dosis Manfaat Obat Diclofenac Potassium 50 Mg Untuk Apa

Manfaat Obat Diclofenac Potassium

Obat Diclofenac Potassium memiliki beberapa manfaat yang mungkin bisa membantu anda untuk menghilangkan nyeri. Berikut ini beberapa manfaat dari Diclofenac Potassium:
  1. Dapat digunakan untuk mengatasi rasa sakit yang timbul karena cedera atau karena trauma, misalnya seperti; terbentur, kemudian terkilir, terpukul, memar, patah tulang, dan beberapa lainnya.
  2. Dapat digunakan untuk mengatasi rasa sakit akibat dari peradangan tulang dan sendi, asam urat, dan lain sebagainya.
  3. Dapat digunakan untuk memenajemen nyeri pasca dari operasi, misalnya saja pada operasi tulang atau pada gigi.
  4. Dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi, sakit pada kepala, dan juga migraine.
  5. Digunakan untuk pelengkap nyeri yang hebat akibat dari infeksi telinga, hidung, atau bahkan juga tenggorokan.
  6. Untuk mengatasi beberapa masalah dan mendapatkan manfaat dari Diclofenac Potassium, obat ini hanya digunakan untuk waktu jangka pendek dan tidak dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit secara total.

Kontraindikasi Obat Diclofenac Potassium

Setiap obat yang terbuat dari bahan kimia akan memberikan kontraindikasi atau sebuah kondisi dimana obat tersebut tidak dapat digunakan oleh beberapa kondisi pasien tertentu. Begitu juga dengan obat Diclofenac Potassium yang juga memiliki beberapa kontraindikasi penggunaan seperti;
  1. Tidak dapat digunakan untuk pasien dengan riwayat alergi terhadap kalium diklofenak, kemudian aspirin, dan juga OAINS atau obat anti-inflamasi non steroid lainnya.
  2. Tidak dapat digunakan untuk pasien dengan penyakit gangguan lambung, misalnya seperti ulkus peptikum.
  3. Tidak dapat digunakan untuk pasien dengan penyakit jantung dan juga pembuluh darah, misalnya seperti penyakit jantung koroner, kemudian gagal jantung kongestif, gangguan pembuluh darah pada otak dan pembuluh darah perifer.
  4. Tidak dapat digunakan untuk seseorang dengan riwayat penyakit asma, urtikaria atau juga rhinitis akut yang timbul akibat dari penggunaan asam asetilasilisat atau obat – obat lain yang menghambat prostaglandin.
  5. Beberapa peringatan tersebut sangat penting untuk diperhatikan sebab dapat memberikan efek samping yang buruk jika diabaikan.

Dosis Dan Cara Penggunaan Dari Obat Diclofenac Potassium

Jika menggunakan obat berbahan kimia, tentu saja anda harus menggunakannya sesuai dengan resep yang dokter berikan agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Namun memang beberapa obat dapat digunakan tanpa resep dari dokter, untuk obat Diclofenac Potassium anda harus menggunakannya dengan resep dokter. Tetapi ada juga dosis umum yang biasanya digunakan, seperti berikut:

Dosis Untuk Remaja

Obat Diclofenac Potassium tidak dianjurkan untuk anak – anak di bawah umur 14 tahun. Tetapi obat ini dapat juga digunakan untuk anak – anak di atas 14 tahun dengan dosis 75 – 100 mg dalam dua atau tiga dosis yang dibagi per harinya.

Dosis Untuk Orang Dewasa

Kemudian dosis yang dianjurkan untuk orang dewasa dapat digunakan untuk dosis harian 100 – 150 mg dan terbagi menjadi dalam dua atau tiga dosis, jadi akan mendapatkan 50 mg untuk 2 – 3 kali dalam satu hari. Jika digunakan untuk mengobati kasus ringan, maka gunakan 75 – 100 mg dalam dua atau tiga dosis juga. Jika anda menggunakan obat Diclofenac Potassium dalam 2 jam tidak ada perubahan pada rasa sakit maka anda bisa memberikan dosis lebih dari 50 mg dan diambil pada interval 4 – 6 jam. Jangan melebihi dosis 200 mg dalam sehari.

Dosis untuk lansia

Ketika seseorang sudah menginjak lansia, ada baiknya tidak menggunakan obat secara sembarangan. Begitu juga jika ingin menggunakan obat Diclofenac Potassium sebaiknya dengan resep dari dokter.

Cara Menggunakan Obat Diclofenac Potassium Dengan Aman

Cara menggunakan obat juga ada caranya, begitu juga dengan Diclofenac Potassium. Dosis umum yang dapat digunakan seperti berikut:
  1. Obat ini sebaiknya dikonsumsi bersamaan dnegan makanan atau bisa setelah makan.
  2. Gunakan cairan untuk membantu menelan obat.
  3. Gunakan jadwal minum yang sama setiap harinya, konsumsilah pada jam yang sama untuk setiap harinya.
  4. Jika ada dosis yang terlewatkan, maka segera minum ketika ingat. Namun ketika, sudah dekat dengan dosis selanjutnya maka gunakan jadwal yang berikutnya saja. Jangan menggandakan dosis obat.
  5. Ketika rasa sakit sudah hilang maka segera hentikan penggunaan obat.
  6. Gunakan cara minum yang benar dan sesuai agar obat berjalan aman untuk menyembuhkan rasa nyeri.
    Baca lagi artikel review obat apotik lainnya: Penyebab, Gejala Dan Obat Amnesia Di Apotik Dan Tradisional.

Efek samping Diclofenac Potassium

Obat Diclofenac Potassium juga memberikan efek samping, ada efek samping yang ringan dan ada juga efek samping yang serius. Efek samping yang ringan berupa:
  • Gangguan pada pencernaan seperti kembung, sakit perut, mual, dan juga muntah,
  • Biasanya mengalami diare dan juga semebelit.
  • Adanya rasa mengantuk, sakit kepala, dan pusing.
  • Hidung menjadi tersumbat.
  • Gatal dan keringat menjadi berlebihan.
Kemudian peningkatan teanand arah atau bisa juga adanya pembengkakan atau nyeri lengan atau kaki.
Efek samping yang umum biasanya tidak akan memberikan efek samping yang berbahaya. Namun ada efek samping yang serius biasanya berupa:
  • Adanya reaksi alergi seperti ruam kulit, kemudian pembengkakan, dan juga sesak nafas.
  • Ada tanda – tanda pendarahan pada lambung seperti muntah darah dan fases menjadi warna hitam.
  • Adanya gangguan pada hati, seperti mual, nyeri perut pada bagian atas, perasaan lelah, dan juga gejala seperti flu dan kehilangan nafsu makan.
  • Jika ada efek samping yang serius atau berbahaya sebaiknya bawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan.

Harga Diclofenac Potassium di Apotik

Kalium Diklofenak di apotek 50 mg tablet (1 box berisi 5 strip @ 10 tablet)
Harga per strip Rp. 9.500
Itulah beberapa informasi yang dapat diberikan oleh www.obatapotik.com seputar Obat Diclofenac Potassium. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait