Kamis, 15 Juni 2017

Manfaat Ragi Instan, Tape, dan Tempe dan Bahayanya Bagi Kesehatan

Manfaat Ragi Tape - Dalam kehidupan sehari - hari biasanya kita menemukan beberapa bahan yang terbuat dari ragi, misalnya seperti; tape, tempe, dan beberapa bahan lainnya. Pernahkah anda tahu tentang ragi? Ragi atau fermen ini merupakan zat yang menyebabkan fermentasi. Jadi, manfaat dan bahayanya sama ketika digunakan pada tape dan tempe.

Ragi sendiri memiliki kandungan microorganisme yang akan bekerja untuk melakukan fermentasi. Nah, ragi sendiri sangat mudah untuk didapatkan. Namun apakah penggunaan ragi ini memang baik untuk kesehatan? Atau justru memberikan beberapa efek samping yang kurang baik?. Berikut ini manfaat dan kekurangan dari ragi.


Manfaat Ragi Instan, Tape, dan Tempe dan Bahayanya Bagi Kesehatan

Jenis - Jenis Ragi

Sebelum menuju ke manfaat ragi, anda juga harus tahu tentang jenis dari ragi. Hal ini akan membantu anda ketika akan mencari ragi:

  • Ragi padat
    Pertama ada ragi padat yang dapat juga ditemui dengan mudah. Ragi padat merupakan jenis ragi yang memiliki bentuk bulat pipih dan juga bentuknya sangat padat. Ragi dengan jenis yang padat ini ternyata dibuat dari tepung beras, kemudian bawang putih dan juga kayu manis yang dicampur dan diolah dengan cara disimpan hingga muncul jamur yang akan dimanfaatkan sebagai ragi. Biasanya ragi yang padat ini sering digunakan untuk fermentasi tempe.
  • Ragi kering
    Setelah ada ragi padat, jenis ragi selanjutnya ada ragi kering. Ragi kering juga tidak beda jauh dari ragi padat, dapat ditemukan dengan mudah. Ragi kering memiliki bentuk seperti butiran yang halus dengan warna kecoklatan. Ragi kering ini biasanya digunakan untuk pembuatan roti. Memang tidak asal jenis ragi yang bisa digunakan untuk tempe ataupun untuk membuat kue.

Manfaat Ragi Tempe dan isntan juga tape

Setiap bahan memiliki beberapa manfaat yang berbeda, berikut ini manfaat ragi yang mungkin belum tahu:
  1. Dapat digunakan untuk bahan kue
    Ragi memiliki banyak manfat, salah satunya dapat digunakan untuk bahan kue. Ragi utamanya merupakan salah satu bahan utama yang dapat digunakan untuk membantu pengembangan dan menjadi salah satu manfaat yang menguntungkan untuk membuat kue, sehingga dapat digunakan untuk membuat kue menjadi berkembang. Pengembangan pada kue dengan menggunakan ragi akan mendekati sampurna, tidak heran jika banyak orang yang mencari ragi untuk membuat kue.
  2. Dapat digunakan untuk tapai
    Pernahkah anda mencoba untuk makan tapai ? Tapai sendiri di Indonesia sudah jadi salah satu makanan tradisional yang banyak di ketahui oleh masyarakatnya. Pembuatan dari tapai sendiri juga melibatkan adanya campur tangan dari ragi. Ragi akan membantu proses fermentasi dari singkong. Tidak hanya itu tetapi ragi juga akan membantu memberikan rasa yang manis dan legit pada singkong. Maka dari itu, tapai yang biasanya sudah terasa manis sekalipun ada campuran asamnya, hal tersebut juga efek dari pemberian ragi.
  3. Dapat digunakan untuk mengurangi rasa pegal
    Tidak hanya digunakan untuk bahan tambahan makanan, tapi manfaat ragi juga bisa dirasakan untuk mengatasi rasa pegal - pegal pada badan anda. Kandungan yang dimiliki oleh ragi dapat membantu untuk melemaskan otot anda yang kaku. Nah, cara menggunakan ragi sebagai bahan untuk menghilangkan pegal - pegal sangat mudah, campurkan ragi dengan air kemudian anda bisa mengoleskannya pada bagian tubuh yang terasa pegal untuk diberikan urutan. Lakukan beberapa kali sampai pegal terasa hilang.
  4. Dapat digunakan untuk menurunkan gula darah
    Ragi juga bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar gula darah yang biasanya menyerang seseorang. Kandungan dari ragi akan bekerja untuk mengontrol gula darah di dalam tubuh secara bertahap. Namun jangan menggunakan ragi secara terus menerus, sebab akan menjadi kurang baik pada masalah kesehatan lainnya.
  5. Dapat digunakan untuk menghindari tekanan darah tinggi
    Apakah ragi juga bisa digunakan untuk mengatasi darah tinggi? Memang, manfaat ragi salah satunya dapat digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Kandungannya akan membantu pembuluh darah semakin lebar dan darah bisa mengalir dengan lancar tanpa adanya tekanan pada darah. Namun ragi tidak dapat digunakan setiap hari untuk membantu menjaga dan merendahkan darah tinggi.

Beberapa manfaat dari ragi memang masih banyak, namun ragi juga memiliki efek samping yang kurang baik untuk kesehatan tubuh. Untuk itu anda harus menjaga penggunaan dari ragi. Baca lagi artikel review obat apotik lainnya: Mekanisme Kerja, Dosis, Fungsi Ceftriaxone Tablet Dan Injeksi Dan Efek Sampingnya.

Efek Samping Ragi Untuk Kesehatan


Selain manfaat ragi yang banyak, ada juga beberapa efek samping yang biasanya akan ditimbulkan. Berikut ini efek samping dari penggunaan ragi:

  1. Dapat menyebabkan perut menjadi mulas
    Ragi dapat memberikan efek samping yang cukup diwaspadai, misalnya saja dapat menyebabkan rasa mulas. Untuk wanita yang hamil muda sebaiknya hindari makanan yang mengandung ragi. Sebab jika mengkonsumsi makanan dengan bahan ragi akan membuat akan mempercepat hancurnya sel - sel telur yang sudah matang dan baru saja dibuahi kemudian dibentuk pada rahim menjadi sebuah janin. Kadar alcohol yang ada di dalam ragi akan membuat mengiritasi organ pencernaan.
  2. Dapat menyebabkan kepala pusing
    Memang manfaat ragi sangat banyak, namun Beberapa efek samping yang diberikan juga tidak sedikit. Ragi juga bisa membuat kepala menjadi sakit. Hal ini sangat berbahaya untuk wanita yang sedang hamil dengan usia 3 minggu, atau di bawah satu bulan. Jika mengkonsumsi akan memberikan rasa pusing yang terus menerus apalagi jika mengkonsumsi ragi dengan takaran yang tidak normal atau melebihi dosis. Alkohol yang di dalam ragi membuat mempersempit aliran darah yang akan menuju otak. Keadaan ini tentu saja tidak baik untuk kesehatan. Tidak hanya untuk ibu hamil tetapi untuk beberapa orang juga.
  3. Dapat menyebabkan asam lambung
    Ternyata ragi juga bisa dikatakan menjadi salah satu bahan yang kurang baik untuk kesehatan. Tidak hanya memyebabkan perut mulas dan pusing tetapi juga menyebabkan efek samping asam lambung bisa terserang.
    Hal ini disebabkan oleh kandungan alcohol yang ada di dalam ragi, membuat asam pada lambung menjadi naik dan memberikan keadaan yang kurang baik. Nah, untuk anda yang memiliki keadaan lambung sensitif sebaiknya tidak menggunakan ragi terlalu banyak sebab bisa memperparah keadaan lambung anda. Jika menggunakan makanan dengan bahan ragi maka anda bisa menggunakan sewajarnya dan tidak berlebihan.
  4. Dapat menyebabkan rahim kering
    Untuk beberapa wanita yang akan berencana memiliki anak sebaiknya tidak menggunakan makanan yang terbuat dari ragi. Ragi dapat memberikan efeke samping rahim menjadi kering. Hal ini disebabkan oleh hawa panas yang diberikan oleh ragi atau kandungan alcohol. Dan berdamapak pada kesehatan rahim.
    Untuk itu sebaiknya hondari beberapa makanan yang memiliki kandungan ragi atau alcohol di dalamnya. Alkohol akan bekerja untuk membuat rahim tidak sehat bahkan bisa juga membuat adanya noda atau luka pada rahim. Tentu saja hal ini tidak menyehatkan tubuh dan merugikan.

Harga ragi per kg

  • Harga ragi tempe Rp 18.000 / 500gr.
  • Harga ragi instan atau roti Rp 4.000 / 20 gr.
  • Harga ragu tapi Rp 10.000 /200 gr.
Beberapa manfaat dan efek samping dari ragi ini bisa saja anda gunakan secara seimbang jika penggunaannya juga tidak terlalu parah. Itulah beberapa informasi yang bisa diberikan oleh www.obatapotik.com tentang manfaat ragi. Semoga bermanfaat.
Loading...
Previous Post
Next Post