Harga, Aturan Pakai Fungsi Obat Ketorolac Dan Efek Sampingnya Apa

Loading...
loading...
Obat Ketorolac- Mata menjadi salah satu bagian tubuh yang sangat penting untuk tetap dijaga kesehatannya. Namun terkadang, masalah pada mata ada saja yang muncul, bahkan kadang sampai membutuhkan jalan keluar untuk mengoprasinya. Nah, pasca oprasi biasanya adanya pembengkakan yang terjadi pada mata dan hal ini akan memberikan rasa sakit atau nyeri pada pasien.

Harga, Aturan Pakai Fungsi Obat Ketorolac Dan Efek Sampingnya Apa

Ada beberapa obat yang dapat digunakan untuk menghatasi hal tersebut. Namun, anda tidak bisa menggunakan obat secara sembarangan, jadi anda bisa menggunakan obat Ketorolac yang sudah terkenal khasiatnya dan anda bisa mendapatkan obat tersebut dengan mudah di apotik terdekat.


Obat Ketorolac

Tentang Obat Ketorolac

Obat Ketorolac merupakan salah satu obat yang termasuk dalam golongan anti-inflamsi non-steroid atau OAINS dan obat ini sering digunakan untuk meredakan pembengkakan atau rasa nyeri setelah oprasi mata. Obat ini termasuk dalam obat resep yang hadi dalam bentuk cairan sehingga untuk menggunakannya harus dengan diteteskan. Obat ini tidak digunakan untuk jangka waktu yang lama, biasanya hanya digunakan selama seminggu saja. Agar lebih aman gunakan obat ini gunakan sesuai dengan saran dari dokter atau sesuai aturan pakai. Sekalipun obat ini dapat digunakan untuk anak – anak dan dewasa, sebaiknya lebih berhati – hati pada penggunaan obat untuk anak – anak.

Manfaat obat Ketorolac

Obat Ketorolac memberikan beberapa manfaat yang dapat digunakan sesuai dengan petunjuk dokter. Berikut ini beberapa manfaat yang diberikan:
  1. Manfaat Obat ini dapat digunakan untuk meredakan pembengkakan pada mata.
  2. Kegunaan Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi rasa nyeri selepas oprasi mata.
  3. Dan Khasiat obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi demam akibat efek samping dari oprasi mata.
Beberapa manfaat yang diberikan oleh obat Ketorolac harus disesuaikan dengan saran dan anjuran dokter untuk menggunakannya.

Peringatan Dan Kontraindikasi Obat Ketorolac

Karena terbuat dari bahan kimia, tentu saja obat Ketorolac memberikan adanya peringatan dan juga kontraindikasi penggunaan. Kontraindikasi sendiri merupakan sebuah kondisi dimana pasien tidak dapat menggunakan obat Ketorolac secara sembarangan. Berikut ini peringatan dan kontraindikasi yang harus diketahui dan diperhatikan:
  1. Obat Ketorolac sebaiknya tidak digunakan untuk ibu hamil dan juga ibu menyusui. Untuk ibu yang sedang merencanakan kehamilan sebaiknya juga tidak menggunakan obat ini, sebab obat ini dapat mengurangi keseuburan. Atau jika sangat dibutuhkan maka anda bisa menggunakan resep dari dokter.
  2. Untuk Aturan Pakai Obat Ketorolac yang digunakan pada anak – anak dibawah usia 2 tahun sebaiknya gunakan saran dari dokter.
  3. Untuk penderita infeksi mata, kemudian radang sendi artrisi rheumatoid, dan juga diabetes sebaiknya lebih berhati – hati lagi.
  4. Untuk yang memiliki alergi terhadap kandungan aspirin dan jenis obat anti-inflamasi non steroid sebaiknya tidak menggunakan obat Ketorolac.
  5. Untuk pasien yang mudah mengalami perdarahan sebaiknya berhati – hati menggunakan obat ini.
  6. Untuk pasien yang sering menggunakan lensa kontak ketika menggunakan menjalani pengobatan Ketorolac sebaiknya menghentikan penggunaan lensa kontak selama pengobatan.
  7. Jika pandangan menjadi buram, sebaiknya jangan mengmudi atau melakukan aktivitas yang butuh kejelian.
  8. Jika adanya alergi atau overdosis sebaiknya temui dokter.
Bagian kontraindikasi menjadi bagian yang sangat penting untuk diperhatikan.

Dosis Obat Ketorolac

Untuk dosis dari obat Ketorolac sebenarnya harus menggunakan resep dari dokter, sebab obat ini termasuk dalam salah satu kategori obat resep. Memang ada juga dosis umum yang digunakan beberapa orang tanpa menggunakan resep dokter namun jika anda menginginkan hasil yang lebih aman maka harus menggunakan dosis dari dokter. Berikut ini beberapa dosis yang bisa digunakan untuk obat Ketorolac:

Dosis untuk orang dewasa

  1. Untuk dosis Obat Ketorolac tunggal yang diberikan
    Jika IM pasien kurang dari 65 tahun maka bisa menggunakan satu dosis 60 mg, tetapi jika pasien mengidap gangguan ginjal maka anda bisa memberikan kurang dari 30 mg. Sedangkan untuk pasien dengan IV dengan usia kurang dari 65 tahun; maka anda bisa memberikan 30 mg, jika digunakan untuk pasien yang memiliki gangguan ginjal maka anda bisa memberikan 15 mg.
  2. Untuk dosis ganda
    Cara menggunakan Obat Ketorolac pada pasien yang kurang dari 65 tahun maka bisa menggunakan 30 mg setiap 6 jam sesuai dengan kebutuhan. Dosis maksimal harian tidak bisa lebih dari 120 mg. Jika pasien memiliki gangguan ginjal dan berat badan kurang dari 50 kg maka sebaiknya menggunakan 15 mg setiap 6 jam sesuai dengan kebutuhan. Dosis setiap harinya tidak bisa lebih dari 60 kg.
  3. Untuk yang oral
    Maka anda bisa menggunakan 10 mg dengan 4 kali dalam satu hari sesuai dengan kebutuhan. Dosis yang digunakan tidak bisa lebih dari 40 mg dalam satu harinya. Jika pasien memiliki berat badan kurang dari 50 kg, maka dosis yang digunakan tidak bisa lebih dari 40 mg.
Dosis yang digunakan untuk anak – anak dari obat Ketorolac sebaiknya menggunakan resep dokter. Dengan begitu dokter akan memberikan dosis yang sesuai dengan kebutuhan anda.
Baca lagi artikel review obat apotik lainnya: Harga, Dosis Dan Kegunaan Obat Cimetidine Untuk Apa Saja.

Efek Samping Obat Ketorolac

Obat yang terbuat dari bahan kimia akan memberikan beberapa efek samping tertentu. Ada dua efek samping, ada yang ringan dan ada juga yang serius. Berikut ini beberapa efek samping yang bisa disebabkan oleh obat Ketorolac:
  • Obat ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti; sakit pada perut, mual, muntah yang ringan, kemudian diare, dan jug konstipsi.
  • Obat Ketorolac juga bisa menyebabkan hati yang terasa seperti di bakar, kemudian ada rasa nyeri pada perut, dan juga kembung.
  • Obat ini dapat menyebabkan pusing, rasa sakit pada kepala, dan juga mengantuk.
  • Obat ini dapat menyebabkan mudah berkeringan dan juga telinga yang berdering.
Efek samping yang umum tidak perlu ditakuti sebab dapat diredakan dengan sedikit penanganan saja. Tetapi obat ini juga bisa menyebabkan efek samping yang serius seperti:
  • Rasa nyeri pada dada, kemudian terasa lemas, sesak, ada kesulitan berbicara, kemudian menjadi ada masalah dengan pengelihatan dan juga keseimbangan.
  • Dapat menyebabkan BAB menjadi hitam, kemudian berdarah.
  • Munculnya batu darah atau berat badan yang semakin naik dengan cepat.
  • Semakin jarang untuk membuang air kecil, bahkan bisa jadi semakin sulit untuk buang air kecil.
  • Obat ini dapat menyebabkan rasa mual, nyeri pada perut, adanya demam yang ringan, tidak menjadi nafsu makan, urin yang menjadi warna gelap, BAB mengeras, sakit kuning pada bagian kulit dan mata.
  • Kemudian bisa juga demam, sakit tenggorokan, dan sakit kepala diikuti dengan lepuhan ruam kulit yang semakin memerah.
  • Tanda awa sariawan di mulut atau ruam di kulit, tidak peduli seberapa ringan jika ada kondisi seperti maka termasuk dalam efek samping serius.
Jika memang pasien terserang efek samping yang serius maka anda bisa menghentikan penggunaan dan segera bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Harga Obat Ketorolac Di Apotik

Dan Harga Ketorolac Novell 10mg Tab Rp 4.037,- / Tablet
Itulah beberapa informasi dari www.obatapotik.com tentang obat Ketorolac yang bisa anda gunakan. Semoga bermanfaat.
Loading...
Latest
Next Post