Kegunaan, Dosis, Komposisi, Harga Obat Omeprazole Dan Mekanisme Kerjanya

Loading...

Obat apa Omeprazole- lambung menjadi bagian terpenting pada tubuh kita. Beberapa penyakit bisa saja menyerang lambung dengan, misalnya saja penyakit asam lambung. Penyakit asam lambung memberikan rasa yang tidak nyaman, asam lambung sendiri merupakan kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di bagian dada akibat naiknya asam lambung yang menuju esophagus. Penyebab dari penyakit lambung memang sangat banyak, beberapa di antaranya biasanya dikarenakan oleh kebiasaan buruk yang sering kita lakukan. Namun bukan berarti penyakit ini tidak bisa disembuhkan. Salah satu jenis obat yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit lambung adalah Omeprazole.

Tentang Obat Omeprazole

Obat Omeprazole adalah salah satu obat yang dapat anda temukan dengan mudah di apotik terdekat. Obat ini termasuk satu dari beberapa bagian obat yang biasanya diresepkan oleh dokter untuk mengatasi masalah pada lambung, tidak hanya itu tetapi juga bisa digunakan untuk mengatasi nyeri pada perut dan juga ulu hati. Obat ini masuk daam golongan antisekresi yang dibuat berdasarkan turunan benzimidazole. Cara kerja Omeprazole ini dengan menghambat aktvitas enzin H+/K+- ATPase yang terdapat pada permukaan kelenjar sel parietal gastric pada pH <4. Sebab system dari enzim ini dapat digunakan untuk memompa proton atau asam yang ada pada mukosa lambung, maka dari itu omeprazo dapat digunakan untuk menghambat pompa asam lambung yang akan bekerja dengan memberikan hambatan tahap akhir pembentukan asam lambung.

Kegunaan, Dosis, Komposisi, Harga Obat Omeprazole Dan Mekanisme Kerjanya

Manfaat Obat Omeprazole

Obat Omeprazole memberikan manfaat yang bisa dirasakan oleh beberapa orang yang menggunakannya. Berikut ini beberapa manfaat dari obat Omeprazole:
  1. Obat Omeprazole dapat digunakan untuk pengobatan jangka pendek pada penderita tukak duodenal.
  2. Dapat digunakan untuk pengobatan jangka pendek untuk penderita tukak lambung.
  3. Dapat digunakan untuk mengobati tukak lambung dan tukak dudenum yang tidak responsive terhadap obat antoginis reseptor H2 yang sudah diberikan.
  4. Dapat digunakan untuk pengobatan refluks esofagitis erosive pada pasien yang sudah diberikan diagnose melalui ensokopi.

Kontraindikasi Obat Omeprazole

Karena terbuat dari bahan – bahan yang alami, obat ini juga memberikan kontraindikasi atau kondisi dimana pasien tidak dapat menggunakan obat ini. Berikut ini beberapa kondisi yang tidak bisa menggunakan obat Omeprazole:
Tidak dapat digunakan untuk pasien yang memiliki riwayat alergi dengan kandungan obat Omeprazole. Jika anda inging mengetahui anda memiliki alergi atau tidak maka lakukan pemeriksaan secara menyeluruh dengan dokter anda. Gunakan obat ini sesuai dengan resep dari dokter, dengan begitu anda akan aman untuk menggunakan obat Omeprazole.

Dosis Obat Omeprazole

Setiap obat memiliki dosis yang digunakan masing – masing, dosis menjadi hal yang sangat penting sebab akan mempengaruhi penggunanya untuk menyembuhkan penyakitnya. Dosis yang digunakan untuk obat Omeprazole harusnya sesuai dengan resep dokter. Namun ada jug beberapa resep umum yang biasanya digunakan, biasanya resep orang dewasa pada Omeprazole dengan dosis 20 mg atau juga 40 mg, namun semuanya tergantung pada penyakitnya:
  1. Untuk penderita tukak duodenal
    Anda bisa menggunakan dosis obat Omeprazole 20 mg sehari. Penggunaannya bisa digunakan dalam waktu 2 minggu untuk pengobatan. Apabila belum kunjung sembuh juga maka anda bisa menggunakan pengobatan selama 2 minggu lagi.
  2. Untuk penderita tukak lambung
    Dosis yang dianjurkan pada obat Omeprazole sebanyak 20 mg untuk sehari dan digunakan selama 4 minggu pengobatan. Jika memang belum mendapatkan hasil untuk disembuhkan maka anda bisa menggunakan waktu 4 minggu lagi.
  3. Untuk pasien penderita refluks esofagitis orosif
    Dosis yang dianjurkan dengan menggunakan obat Omeprazole 20 mg dalam satu hari dan digunakan dalam jangka waktu 4 minggu pengobatan. Jika masih belum bisa mendapatkan hasil maka anda bisa menggunakan pengobatan lagi selama 4 minggu.
    Untuk penderita tukak lambung dan juga tukakduodenal yang memang sangat sulit untuk disembuhkan dengan pengobatan lain
    Maka dosis yang dianjurkan menggunakan obat Omeprazole sebanyak 40 mg dalam satu hari dan jangka waktu yang digunakan untuk menyembuhkan bisa sekitar 4 minggu untuk tukak duodenal dan 8 minggu untuk tukak lambung. Namun jika masih belum sembuh juga maka anda bisa membawanya ke dokter terdekat.
  4. Untuk Cara minum Obat Omeprazole buat pasien dengan sindroma zollinger Ellison
    Bisa menggunakan dosis awal yang dianjurkan sebanyak 60 mg dalam satu hari. Dosis dapat disesuaikan tergantung pada masing – msaing penderita dan juga indikasi yang klinis. Sedangkan untuk penderita yang memiliki penyakit yang berat dan sangat sulit untuk disembuhkan dengan pengobatan lain, keluhan bisa dikendalikan dengan cara yang efektif pada dosis 80 – 120 mg.
Untuk dosis yang diberikan kepada anak atau beberapa pasien yang khusus lainnya, anda harus menggunakan dosis sesuai dengan anjuran dokter agar tidak ada efek samping yang kurang baik untuk tubuh dan organ tubuh anda lainnya.

Efek Samping Obat Omeprazole

Obat Omeprazole yang terbuat dari bahan kimia tentu saja akan memiliki beberapa efek samping. Efek samping sendiri dibagi menjadi efek samping yang umum ataupun yang jarang ditemui. Obat Omeprazole memberikan efek samping yang sangat mudah untuk ditoleransi, efek samping yang diberikan sangat ringan. Berikut ini beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan:
  • Obat ini dapat menyebabkan adanya rasa sakit pada bagian kepala.
  • Obat ini dapat menyebabkan rasa mual, kembung dan juga diare.
  • Obat ini dapat menyebabkan konstipasi.
  • Obat ini dapat menyebabkan kulit kemerahan dan juga gatal pada kulit.
Jika ada efek samping yang kurang tepat atau dirasa membahayakan, maka anda bisa membawa pasien ke dokter terdekat agar mendapatkan penanganan. Baca lagi artikel review obat apotik lainnya: Manfaat Obat Isoptin Sr 80 Mg Dan Efeksamping Serta Harganya.

Informasi Keamanan Untuk Obat Omeprazole

Ketika menggunakan obat yang terbuat dari bahan kimia, ada baiknya anda juga menggunakan aturan pakai. Aturan pakai yang diberikan tidak hanya berupa dosis, tetapi juga aturan lainnya untuk menggunakan obat Omeprazole. Nah, informasi keamanan untuk menggunakan obat juga sangat dibutuhkan. Berikut ini beberapa informasi keamanan untuk menggunakan dari obat Omeprazole;
  • Obat Omeprazole yang diberikan dengan menggunakan dosis melebihi 80 mg sebaiknya dibagi menjadi dua dosis penggunaan dalam satu hari.
  • Obat Omeprazole yang digunakan untuk jangka waktu yang panjang harus lebih diwaspadai sebab bisa memberikan kemungkinan adanya efek samping hipergastrinemia.
  • Obat Omeprazole sebaiknya tidak diberikan kepada ibu hamil, ibu menyusui, dan juga anak – anak. Tetapi jika memang sangat dibutuhkan maka bisa menggunakan sesuai dengan resep dan saran yang diberikan oleh dokter.
  • Obat Omeprazole dapat memperpanjang eliminas obat diazepam, kemudian penitoin dan juga warfarin, sehingga dianjurkan untuk melakukan adanya penurunan dosis obat tersebut pada penderita.
Gunakan aturan pakai dengan baik agar tidak ada efek samping yang buruk.

Harga Obat Omeprazole Di Apotik

Untuk Omeprazole 20 mg / 1 box 3 strip isi 10 kapsul Rp 5.700,-
Itulah beberapa informasi dari www.obatapotik.com tentang cara penggunaan obat Omeprazole yang bisa anda dapatkan. Semoga bermanfaat.
Loading...
Previous Post
Next Post