Bahaya Dan Biaya Operasi Hernia Dan Pengobatan Alternatif Hernia

Harga Operasi Hernia- penyakit hernia menjadi salah satu jenis penyakit yang mungkin jarang ditemui disekitar anda. Tetapi hernia termasuk salah satu penyakit yang selalu diwaspadai oleh beberapa orang. Hernia sendiri termasuk jenis penyakit yang terjadi karena ada organ di dalam tubuh yang memberikan tekanan dan menjadi mencuat melalui jaringan otot atau jaringan disekitarnya yang lemah. Memang biasanya otot cukup kuat untuk digunakan menahan organ – organ tubuh sehingga tetap di dalam lokasi masing – masing. Namun terkadang lemahnya otot tidak akan bisa menahan organ yang ada didekatnya sehingga akan menyebabkan penyakit hernia.

Penyebab Penyakit Hernia

Kebanyakan orang akan menyembuhkan penyakit hernia ini dengan operasi hernia. Namun sebelum itu, anda juga perlu informasi tentang penyebab mengapa hernia dapat menyerang seseorang. Hernia sendiri dapat disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya saja karena konstipasi sehingga menyebabkan pengidapnya harus mengejan. Bisa juga karena kehamilan yang mengkibatkan tekanan dalam perut, bisa karena kenaikan berat badan yang tiba – tiba, karena penumpukan cairan yang ada di dalam rongga perut, atau bisa karena aktivitas mengangkat beban yang terlalu beban namun sering tidak disadari. Karena kelebihan berkepenjangan, dan karena batuk yang berkepanjangan. Karena banyak penyebab dari penyakit hernia ada baiknya anda tetap berhati – hati dan menjaga kesehatan.

Bahaya Dan Biaya Operasi Hernia Dan Pengobatan Alternatif Hernia

Gejala Penyakit Hernia

Sama seperti penyakit lainnya, penyakit ini juga memberikan beberapa gejala dimana biasanya dirasakan oleh beberapa pasien yang mengidapnya. Gejala yang diberikan biasanya berupa; rasa mual pada daerah yang terjadi hernia. Setelah itu akan ada rasa nyeri di bagian bawah perut yang terasa sangat sakit, terjadi adanya benjolan dimana hernia akan muncul. Tidak hanya itu, terjadinya gelembung pristal yang semakin mudah didengarkan. Bila otot – otot anda mulai mengendur maka benjolan menjadi sering menghilang. Terkadang perut kembung ini disertai dengan mual dan juga muntah. Setelah beberapa gejala muncul anda harus segera memberikan penanganan atau bisa juga operasi hernia terhadap penyakit hernia, jangan sampai menunggu semakin parah.

Jenis – Jenis Penyakit Hernia

Hernia sendiri memiliki beberapa jenis yang berbeda – beda sekalipun terletak diseluruh bagian abodomen dan terbilang tidak sedikit juga jenis yang muncul. Jenis hernia akan mempengaruhi penanganan operasi hernia, seperti berikut:
  1. Hernia inguinalis, adalah jenis hernia yang terjadi ketika sebagian usus atau jaringan lemak pada rongga perut menjadi mencuat ke selengkangan. Jenis hernia ini menjadi salah satu jenis hernia yang paling sering terjadi dan paling banyak dialami oleh para pria.
  2. Hernia fermoralis, adalah jenis hernia yang terjadi karena jaringan lemak atau sebagian usus menjadi mencuat ke bagian atas paha di bagian dalam. Hal ini lebih sering dialami wanita jika dibandingkan dengan para pria.
  3. Hernia umbilicus adalah jenis hernia yang terjadi karena jaringan lemak atau sebagian dari usus memberikan dorongan dan menonjol di dinding abdomen, daerah dekat pusar. Jenis hernia ini bisa saja dialami oleh bayi karena lubang besar tali pusat yang tidak tertutup dengan baik setelah bayi lahir. Jika pada orang dewasa, pemicu awalnya karena adanya tekanan yang berlebihan pada abdomen.
  4. Hernia insisi, adalah jenir hernia karena ada jaringan yang mencuat lewat luka operasi yang belum sembuh dengan sempurna di abdomen. Hernia yang satu ini adalah salah satu resiko komplikasi pada operasi pada bagian perut.
  5. Hernia hiatus, adalah jenis hernia yang terjajdi akibat ada bagian lambung yang masuk pada celah diagfragma dan mencuat ke rongga dada. Biasanya hernia yang satu ini datang tanpa gejala, hanya saja ada nyeri pada ulu hati.
  6. Hernia spigelian, adalah jenis hernia yang terjadi karena bagian usus mendorong jaringan ikat perut dan menonjol pada dinding perut depan kiri atau kanan bawah pusar.
  7. Hernia diagfragma, adalah jenis hernia yang terjadi karena ada organ perut yang berpindah pada rongga dada melalui celah diafragma. Hampir sama dengan hernia umbillikus dan biasanya dialami oleh bayi.
  8. Hernia epigastrik, adalah jenis hernia yang terjadi pada jaringan lemak yang keluar mencuat keluar dan memberikan tonjolan pada dinding abdomen, ini terjadi di antara pusar dan tulang bagian bawah.
  9. Hernia otot, adalah jenis hernia yang terjadi karena sebagian otot yang mencuat pada abdomen. Jenis hernia ini kerap terjadi pada otot kaki akibat cedera olahraga.
Jika memang anda mengidap salah satu dari jenis penyakit tersebut, maka sebaiknya periksakan diri anda ke dokter terdekat agar segera mendapatkan penanganan.

Operasi Hernia Dan Efek Samping

Operasi hernia memang kerap menjadi salah satu cara untuk mengatasi hernia dengan tuntas. Operasi hernia sendiri memiliki dua jenis; yaitu operasi terbuka dna laparaskopik. Ada beberapa faktor ketika anda ingin mengoperasikan hernia anda. biasanya dokter akan melihat dari; kondisi kesehatan pasien yang harus baik – baik saja, kemudian dokter akan melihat isi hernia pada bagian mana, dokter juga akan menanyakan gejala yang dialami. Dan terakhir, akan melihat lokasi hernia dimana ia muncul.
Menggunakan cara operasi hernia memang dapat digunakan untuk menghilangkan hernia. Namun hal tersebut bukan berarti tidak memberikan efek samping.

Biaya Operasi hernia

Operasi hernia menghabiskan biaya yang cukup mahal, apalagi jika kasusnya parah. Umumnya berkisar antara Rp 4 jutaan hingga Rp 7 jutaan jika hernia yang Anda derita masih pada tingkatan ringan atau sedang. Namun jika sudah parah, maka biaya operasinya bisa mencapai Rp 19 juta hingga Rp 20 jutaan.
.

Biaya Operasi Hernia Beberapa Rumah Sakit Di Jakarta

  •  Biaya Operasi Hernia di Rumah Sakit Umum Tarakan Jakarta, biaya operasi hernia dirumah sakit ini juga berkisar di angka + Rp 6.000.000,-
  •  Biaya Operasi Hernia pada bayi dan dewasa  di Rumah Sakit Pasar Rebo Jakarta Timur, biaya operasi hernia berkisar di angka + Rp.6.000.000,-
  •  Biaya Operasi Hernia di Rumah Sakit Hermina, perawatan dan biaya operasi hernia usus berkisar + Rp 8.000.000,-
  •  Biaya Operasi Hernia  pada orang dewasa di Rumah Sakit Umum Daerah Cengkareng, biaya operasi hernia bergantung pada kelas kamar yang ditempati, dengan rentang harga + Rp 3.000.000,- s.d. Rp 5.000.000,-. Biaya ini belum termasuk kamar perawatan, pemeriksaan penunjang yang dilakukan, dan obat-obat yang digunakan.
Namun, biaya operasi hernia dengan BPJS dapat menjadi lebih ringan.

Bahaya Operasi Hernia

Operasi untuk hernia dapat memberikan efek samping sebagai berikut:
  1. Dapat menyebabkan memar atau luka kecil. Tidak hanya itu, setelah pasca operasi teradang juga ada perubahan warna sekalipun hal ini tidak berlangsung lama dan tidak terlalu bahaya.
  2. Dapat memberikan rasa sakit dan tidak nyaman, hal ini disebabkan efek dari operasi, dan merupakan kondisi yang sanat wajar. Rasa sakit dan tidak nyaman ini dapat membuat anda merasakan gangguan pada kondisi psikis anda, tetapi hal ini tidak akan berlangsung lama.
  3. Adanya pembengkakan pada bagian yang telah dilakukan operasi. Hal ini merupakan pembengkakan pada luka dan terjadi sangat normal.
  4. Jadi mati rasa pasca operasi, hal ini tentu saja tidak disemua bagian hanya pada beberapa bagian tertentu. Terutama bagian yang dekat dengan saraf di tubuh.
  5. Timbul garis tipis pada bekas luak operasi, dan itu akan tampak. Namun lama – kelamaan bisa memudar dengan sendirinya.
  6. Operasi hernia yang terjadi pada daerah kaki dapat memberikan efek samping pembekuan darah yang mengalir pada bagian kaki menuju daerah paru – paru.
Efek samping yang diterima pasca operasi hernia bukan hal yang menakutkan, anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Baca lagi artikel review obat apotik lainnya: Harga Dan Nama Obat Infeksi Ginjal Di Apotik Dan Alami.

Pengobatan Alternatif Hernia

Pengobatan alternatif sepertinya tidak bisa banyak membantu penyakit Hernia yang sudah parah. Biaya operasi yang besar, menjadi alasan mengapa orang lebih memilih menggunakan pengobatan alternatif terutama untuk penyakit kronis. Berikut beberapa cara pengobatan yang bisa dilakukan:
  • Rutin mengkonsumsi minuman jahe satu cangkir teh saat pagi hari ketika perut masih kosong untuk mengurangi nyeri.
  • Mengkonsumsi yoghurt sehari tiga kali sebagai obat hernia.
  • Menggunakan bubuk akar manis satu sendok makan, dicampur dengan satu gelas susu. Konsumsi rutin selama satu minggu.
  • Konsumsi teh chamomile dengan rutin saat masih hangat.
Itulah beberapa informasi yang diberikan oleh www.obatapotik.com tentang operasi hernia yang bisa digunakan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi hernia. Semoga dapat bermanfaat.
Loading...
Previous Post
Next Post