Kandungan Dan Mekasnisme Kerja Prostigmin Table Lengkap Dosis Dan Harganya

Loading...
Fungsi Obat Prostigmin apa- pernahkah kalian mendengar tentang penyakit myasthenia gravis? Penyakit ini sebenarnya merupakan sebuah penyakit yang terjadi disebabkan oleh terputusnya komunikasi antara saraf dan juga otot. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang kronis dan sering ditandai dengan melemahnya beberapa otot, biasanya paling sering terjadi adalah otot pada bagian wajah yang mengontro pergerakan bola pada mata, kemudian ekspresi wajah, proses untuk mengunyah, menelan, dan juga berbicara.

Kandungan Dan Mekasnisme Kerja Prostigmin Table Lengkap Dosis Dan Harganya

Kelemahan otot akibat dari penyakit myasthenia gravis ini akan semakin memburuk ketika selesai melakukan aktivitas fisik dan akan mulai membaik ketika otot tersebut diistirahatkan. Biasanya akan ada beberapa gejala yang muncu saat malam hari, pada waktu kondisi tubuh mulai lelah setelah melakukan aktivitas seharian.

manfaat Prostigmin Table Lengkap Dosis Dan Harganya

Penyakit myasthenia gravis dapat terjadi pada semua orang dari segala macam usia, tetapi penyakit ini sering sekali menyerang wanita yang memiliki usia di bawah 40 tahun dan juga pria di atas 60 tahun. Wanita juga memiliki resiko tiga kali lebih tinggi terserang penyakit ini jika dibandingkan dengan kaum pria.

Gejala Dari Penyakit Myasthenia Gravis

Penyakit myasthenia gravis ini dapat memberikan beberapa gejala, tetapi gejala yang sudah pasti adalah melemahnya otot. Indkasi tersebut memang memiliki kecenderungan menjadi lebih parah jika otot yang lemah sering sekali digunakan dalam aktivitas sehari – hari. Memang gejala dari penyakit ini akan segera membaik ketika sudah diistirahatkan, namun tetap saja akan timbul secara bergantian, tergantung dari aktivitas pasien. Jika penyakit ini tidak mendapatkan penanganan yang tepat maka bisa saja menyebabkan efek samping yang kurang baik atau bisa menjadi bertambah parah.
Kelemahan pada otot biasanya tidak memberikan rasa sakit, namun ada beberapa pasien yang mengeluh mendapatkan rasa nyeri ketika gejaa sedang kambuh, terutama ketika sedang melakukan aktivitas fisik.

Gejala Penyait Myasthenia Gravis

Berikut ini beberapa gejala yang biasanya mengikuti penyakit myasthenia gravis:
  • Dapat menyebabkan salah satu atau kedua kelopak pasien akan turun dan susah untuk dibuka.
  • Pengelihatan menjadi ganda atau kabur.
  • Eksrpesi pada wajah menjadi terbatas dan biasanya akan sulit untuk tersenyum.
  • Perubahan kualitas pada suara, misalnya saja menjadi sangau atau sangat pelan.
  • Sulit untuk menean atau mengunyah. Gejala ini disebabkan oleh pasien mudah untuk tersedak.
  • Sulit untuk bernfas terutama ketika ada aktivitas berbaring.
  • Kemudian melemahnya otot kaki, kemudian tangan, dan juga leher. Hal ini disebabkan oleh gangguan mobilitas, seperti pincang atau kesulitas mengangkat barang.
Jika memang anda merasakan beberapa gejala tersebut maka anda harus segera membawanya ke dokter terdekat dan segera lakukan pemeriksaan agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Penyebab Penyakit Myasthenia Gravis

Setiap penyakit hadir karena beberapa sebab, begitu juga dengan penyakit myasthenia yang juga hadir diakibatkan oleh beberapa penyebab. Berikut ini beberapa penyebab dari penyakit myasthenia gravis:
  1. Karena hantaran sinya saraf; sinyal saraf akan dihantarkan untuk menuju ujung – ujung persarafan dan untuk menghasilkan senyawa kimia yang disebut juga dengan asetilkolin. Asetilkolin ini yang akan ditangkap oleh reseptor – reseptor otot, sehingga akan menghasilkan kontraksi otot. Pada kondisi autoimun, atau system kekebalan tubuh akan menghasilkan beberapa protein yang digunakan untuk menghancurkan reseptor di otot tersebut. Akibatnya akan membuat asetilkolin menjadi tidak bisa ditangkap oleh otot, sehingga otot akan menjadi lemah sebab tidak mampu untuk berkontraksi.
  2. Kelenjar timus; selanjutnya kelenjar timus akan penyebab selanjutnya. Kelenjar timus juga merupakan salah satu organ yang berfungsi untuk menghasilkan antibody. Beberapa pakar menduga bahwa kelenjar timus memiliki peran dalam munculnya penyakit autoimun. Pada kondisi yang normal, ukuran kelenjar timus seseorang akan membesar selama ada masa kanak – kanak dan menyusut menjelang dewasa. Tetapi pengidap myasthenia gravis dewasa pada umumnya akan mengalami keabnorman dnegan memiliki kelenjar timus yang berukuran besar. Sekitar 1 – 10 penderita penyakit myasthenia gravis ini memiliki tumor yang jinak pada kelenjar timus.
Penyakit myasthenia gravis bukan berarti menjadi penyakit yang tidak bisa diobati, anda bisa menggunakan Prostigmin sebagai salah satu obat untuk penyakit myasthenia gravis.

Tentang Obat Prostigmin

Obat Prostigmin merukan salah satu obat yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit myasthenia gravis dan beberapa penyakit lainnya. Prostigmin mudah untuk ditemukan di beberapa apotik teredekat, obat ini memiliki kandungan neostigmine metilsulfat, dimana obat tersebut dapat digunakan untuk mempengaruhi kimia dalam tubuh yang terlibat di dalam komunikasi antara impuls saraf dan juga pergerakan otot. Obat ini termasuk dalam kategori obat resep, jadi anda harus menggunakan obat ini sesuai dengan resep dokter, jadi jangan digunakan secara sembarangan sebab dapat memberikan efek samping yang kurang baik.

Cara Kerja Obat Prostigmin

Mekanisme obat Prostigmin sama dengan Neostigmine-hameln yakni bekerja dengan cara mencegah pemecahan asetilkolin,dan memperpanjang kerja dari asetilkolin. Neostigme menghambat kerja dari enzim asetilkoliesterase.Asetilkolin menstimulasi satu tipe reseptor muskarinik,ketika reseptor muskarinik distimulasi,yang dapat menyebabkan efek membuat kontraksi pada otot.

Manfaat Dari Obat Prostigmin

Manfaat yang diberikan oleh obat Prostigmin lumayan banyak, seperti berikut ini:
  1. Dapat digunakan untuk mengobati otot yang tidak memiliki tenaga.
  2. Dapat digunakan untuk membantu masalah susah buang air besar sebab tidak adanya tegangan atau kekuatan dari otot.
  3. Dapat digunakan untuk mengatasi kembung.
  4. Dapat digunakan untuk mengatasi rasa panas pada ulu hati.
  5. Dapat digunakan untuk mengatasi retensi urin.
  6. Dapat juga digunakan untuk mengatasi menstruasi yang tertunda.
  7. Digunakan untuk mengatasi myasthenia gravis.
  8. Dapat digunakan untuk mengatasi keadaan setelah reumatik.
Beberapa manfaat yang didapatkan dari Prostigmin ini harus dirundingan dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang sesuai. Baca lagi artikel review obat apotik lainnya: Harga Dan Aturan Minum Obat Captopril Diminum Sebelum Makan Dan Efek Jangka Panjang.

Kontraindikasi Obat Prostigmin

Karena memang terbuat dari beberapa bahan kimia, obat Prostigmin juga memiliki kontraindikasi berupa; tidak dapat digunakan untuk pasien dengan penyumbatan saluran kemih dan usus yang berkaitan dengan adanya system mekanis, dan juga radang selaput perut.

Dosis Obat Prostigmin

Dosis yang digunakan untuk mengatasi myasthenia gravis; jika pada orang dewasa gunakan 1 – 2,5 mg satu kali dalam sehari. Dosis untuk indiksi lainnya pada orang dewasa biasnaya digunakan; 0,5 – 2,5 mg per hari. Namun ada baiknya jika digunakan sesuai dengan resep dokter, sebab dokter akan memberikan dosis sesuai dengan keadaan pasien dan juga kondisi tubuh yang kurang sehat. Dosis yang digunakan untuk anak – anak pada obat Prostigmin harus sesuai dengan resep dokter. Jangan memberikan dosis yang dikira – kira, sebab bisa memberikan efek samping yang buruk.

Efek samping obat Prostigmin

Obat Prostigmin juga memiliki beberapa efek samping seperti:
  1. Dapat menyebabkan adanya kram pada perut.
  2. Dapat menyebabkan terserang diare.
  3. Dapat menyebabkan kesulitan dalam bicara.
  4. Dapat menyebabkan pelebaran pada pupi.
  5. Dapat menyebabkan pusing.
  6. Dan dapat juga menyebabkan adanya rasa kantuk.
Jika ada efek samping yang berbahaya, maka sebaiknya anda segera membawanya ke rumah sakit atau dokter terdekat untuk mendapatkan perawatan.

Harga Obat Prostigmin

Harga yang dibandrol untuk obat Prostigmin di apotik terdekat sekitar Rp. 25.000 rupiah, namun perbedaan harga bisa terjadi tergantung apotik masing – masing.

Itulah beberapa informasi dari kami www.obatapotik.com tentang obat Prostigmin. Semoga bermanfaat.
Loading...
Previous Post
Next Post