Bahaya Penyalahgunaan, Harga Trihexyphenidyl Dan Obat Yang Mengandung Trihexyphenidyl

Resep Obat Trihexyphenidyl untuk penyakit apa - Pernahkah anda mendengar tentang penyakit Parkinson? Penyakit Parkinson sendiri adalah degenarasi dari sela saraf secara bertahap pada otak di bagian tengaah yang memiliki fungsi untuk mengatur gerakan pada tubuh. Gejala yang paling terkenal dari penyakit ini adalah dapat terjadinya tremor atau yang sering disebut juga dengan gemetaran.

Sedangkan untuk gejala awal yang muncul biasanya akan sulit untuk dikenali. Dua dari gejala penyakat Parkinson adalah; merasa lemah atau terasa lebih kaku pada sebagian tubuh dan gemetaran halus pada salah satu tangan saat sedang beristirahat. Obat dari penyakit Parkinson adalah Trihexyphenidyl, namun menggunakannya juga harus berhati – hati.

Bahaya Penyalahgunaan, Harga Trihexyphenidyl Dan Obat Yang Mengandung Trihexyphenidyl

Tentang Obat Trihexyphenidyl

Obat Trihexyphenidyl adalah salah satu jenis obat yang dapat digunakan untuk mengatasi gangguan gerakan yang tidak normal dan tidak terkendali akibat dari sebuah penyakit Parkinson atau bisa juga efek samping dari sebuah obat. Ada beberapa efek samping obat yang memberikan dampak pada pergerakan, beberapa jenis obat tersebut adalah; psikosis, kemudian masalah kejiwaan atau emosional, mual, dan juga adanya perasaan gelisah. Gangguan yang diberikan sangat banyak misalnya saja seperti kondisi tremor, gerakan wajah dan tubuh yang tidak terkendali. Gejala – gejala ini juga sering disebut dengan efek samping dari extrapyramidal.
Obat Trihexyphenidyl termasuk dalam golongan antimuskarinik yang bisa didapatkan di apotik terdekat dengan resep dari dokter. Obat ini termasuk obat keras yang harus digunakan sesuai dengan resep dokter agar tidak ada efek samping berbahaya yang datang menyerang. Obat Trihexyphenidyl hanya boleh digunakan untuk orang dewasa. Dan hadir dengan kemasan tablet dan cairan yang diminum.

Manfaat Dari Obat Trihexyphenidyl

Obat Trihexyphenidyl memberikan manfaat tersendiri, seperti berikut:
  1. Dapat digunakan untuk mengobati efek samping dari extrapyramidal yang tidak diinginkan karena akibat tertentu.
  2. Dapat digunakan untuk mengobati penyakit pakinson.
  3. Dapat digunakan untuk mengingkatkan kedali otot dan mengurangi kekuan.
  4. Dapat digunakan untuk menurunkan keringat yang berlebihan, dan juga produk saliva.
  5. Dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kemampuan berjalan pada penderita kesulitan berjalan.
Trihexyphenidyl adalah salah satu obat yang masuk dalam jenis antiklonergik dan bekerja dengan menghalangi zat alami tertentu. Obat ini tidak dapat digunakan untuk membantu masalah pada pergerakan di luar kontro yang disebabkan oleh tardive dyskinesia, bisa jadi obat ini malah memperburuk kondisinya.

Kontraindikasi Dari Obat Trihexyphenidyl

Setiap obat yang terbuat dari bahan kimia pasti memiliki beberapa kontraindikasi penggunaan. Kontraindikasi sendiri merupakan sebuah kondisi dimana pasien tidak dapat menggunakan obat ini. Berikut ini beberapa kontraindikasi dari obat Trihexyphenidyl;
  1. Obat ini tidak dapat digunakan untuk wanita yang sedang hamil,ibu yang sedang memberikan ASI, dan wanita yang berbencana utuk hamil.
  2. Untuk pasien dengan gangguan hati, gangguan ginjal, kemudian psikoss, tekanan darah tinggi, adanya glaucoma, myasthenia gravis, adanya prostat, konstipasi, gangguan jantung , dan juga pembuluh darah sebaiknya lebih berhati – hati untuk menggunakan obat ini.
  3. Jika menggunakan obat Trihexyphenidyl kemudian ada alergi atau reaksi overdosis sebaiknya segera hentikan penggunaan dan temui dokter terdekat.

Dosis Yang Digunakan Untuk Obat Trihexyphenidyl

Obat Trihexyphenidyl adalah salah satu obat resep yang juga cukup keras, sehingga anda harus menggunakan resep dari dokter untuk menggunakan obat ini. Biasanya dokter akan memberikan resep sesuai dengan kondisi tubuh pasien dan juga sesuai dengan penyakit yang dideritanya. Namun secara umum berikut ini dosis yang digunakan untuk obat Trihexyphenidyl;
  1. Dosis Trihexyphenidyl dengan penyakit extrapyramidal untuk orang dewasa
    Jika digunakan untuk orang dewasa maka anda bisa menggunakan 4 – 10 mg setiap harinya. Jumlah keseluruhan dapat anda gunakan untuk dibagi menjadi 2 – 3 dosis yang terpisah.
  2. Dosis Trihexyphenidyl untuk penyakit Parkinson
    Untuk dosis awal yang dapat digunakan sekitar 1 mg/hari, kemudian akan meningkat menjadi 2 – 3 mg dalam jarak 5 hari. Sedangkan untuk dosis yang standar anda bisa menggunakan 6 – 10 mg/ hari dalam 3 atau 4 dosis yang terpisah, digunakan sampai 12 – 15 mg/ hari jika sangat diperlukan.
  3. Dosis Trihexyphenidyl pada induksi oabt extryapyramidal
    Dosis yang digunakan untuk gejaa awal hanya 1 mg/ hari, kemudian ditambahkan sesuai dengan kebutuhan ke skala standart 5 – 15 mg/ hari dan dibagi menjadi 3 – 4 dosis terpisah.
  4. Dosis Trihexyphenidyl dengan kombinasi pada levodopa
    Gunakan skala standart sekitar 3 – 6 mg/ hari dengan dosis yang terpisah.
Kemudian bagaimana dosis Trihexyphenidyl yang bisa digunakan untuk anak – anak? Sebenarnya penggunaan pada anak bisa, dimulai dari umur di atas 2 tahun. Namun tetap saja, anda harus menggunakan resep yang jelas dari dokter.

Cara Mengkonsumsi Trihexyphenidyl Dengan Benar

Mengkonsumsi obat bukan hal mudah yang bisa dianggap remeh, untuk menggunakannya anda bisa menggunakan aturan dari dokter kemudian baca informasi yang tertera pada kemasan obat sebelum menggunakannya. Obat Trihexyphenidyl dapat dikonsumsi setelah makan dan gunakan pada waktu sama setiap harinya agar tidak ada yang lupa. Jika anda melewatkan satu dosis karena lupa, maka segera minum obat Trihexyphenidyl. Namun jika waktu sudah dekat dengan jadwal minum selanjutnya maka lakukan pada jadwal selanjutnya saja. Jangan pernah menggandakan dosis dari obat Trihexyphenidyl. Pastika anda menggunakan obat Trihexyphenidyl sesuai dengan resep dari dokter dimana sudah disesuaikan dengan kondisi tubuh anda dan juga kondisi penyakit anda. Baca lagi artikel review obat apotik lainnya: Efek Samping, Manfaat Salep Elocon Untuk Bekas Jerawat Dan Harganya.

Bahaya Penyalahgunaan/Efek Samping Dari Obat Trihexyphenidyl

Sekalipun memiliki beberapa manfaat, obat Trihexyphenidyl juga memiliki beberapa efek samping. Efek samping yang diberikan ada yang ringan dan juga ada yang serius. Untuk efek samping yang ringan seperti berikut ini:
  • Obat ini dapat menyebabkan kering pada mulut.
  • Obat ini dapat menyebabkan bola mata membesar atau pandangan yang kabur.
  • Obat ini dapat menyebabkan lelah atau merasa pusing.
  • Obat ini dapat menyebabkan sulit buang air kecil atau terserang sembelit.
  • Obat ini dapat menyebabkan gugup dan cemas.
  • Obat ini dapat menyebabkan gangguan pada perut.
  • Obat ini dapat menyebabkan keringat berkurang.
Jika ada efek samping yang ringan, maka anda tidak perlu khawatir sebab dapat diatasi dengan cepat. Tetapi jika ada efek samping yang berbahaya atau serius anda harus siaga. Berikut ini beberapa efek samping yang serius:
  • Obat Trihexyphenidyl dapat menyebabkan rekasi alergi.
  • Obat ini dapat menyebabkan adanya demam.
  • Obat ini dapat menyebabkan detak jantung jadi cepat dan tidak teratur.
  • Obat ini dapat menyebabkan rasa cemas, kemudian halusinasi, dan beberapa keadaan lainnya.
  • Obat ini dapat menyebabkan kejang – kejang.
  • Obat ini dapat menyebabkan mata terasa sakit.
  • Dan obat ini dapat menyebabkan ruam.
Jika ada efek samping yang berbahaya maka segara bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Obat Yang Mengandung Trihexyphenidyl

triheksifenidil hidroklorida 2 mg dan Arkine Caplet 2 mg merupakan obat Parkinson yang mengandung Trihexyphenidyl / Triheksifenidil HCl.

Harga obat Trihexyphenidyl

Untuk harga obat trihexyphenidyl di apotik umunya Setiap apotik biasanya membandrol dengan harga berbeda, namun secara umum harga dari Trihexyphenidyl sekitar Rp. 20.000 rupiah.
Itulah beberapa informasi yang dapat diberikan oleh www.obatapotik.com seputar Trihexyphenidyl. Semoga Allah memberi nikmat kesehatan kepada Anda.
Loading...
Previous Post
Next Post